Tangkal Aksi Susulan, Polisi Perketat Pengamanan Rumah Ibadah

Ade Putra, Okezone · Selasa 15 November 2016 04:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 15 340 1541508 tangkal-aksi-susulan-polisi-perketat-pengamanan-rumah-ibadah-vx4gKJHPP3.jpg

PONTIANAK - Meski tidak menetapkan siaga satu usai terjadinya pemboman gereja di Samarinda, Kalimantan Timur dan vihara di Singkawang, Kalimantan Barat, kepolisian memperketat penjagaan di sejumlah rumah ibadah.

Seperti di Ngabang, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Kapolsek Ngabang, Kompol Sri Haryanto mengatakan, terkait dengan terjadinya dua pemboman dalam waktu berdekatan ini, pihaknya akan memperketat pengamanan di tempat ibadah yang ada di wilayah hukumnya.

"Kita turut perihatin dengan kejadian tersebut, maka dengan adanya aksi bom tersebut kita akan lebih tingkatkan lagi pengamanan. Mungkin juga personil akan ditambah," ujar Sri kepada Okezone, Selasa (15/11/2016).

Pengamanan dan penjagaan rumah ibadah ini, kata Sri, memang sudah dilakukan, termasuk oleh jajaran Polres Landak. Ia menegaskan, akan terus memperketat pengamanan untuk mengantisipasi aksi teror dan paham radikal serta aksi kejahatan lainnya.

"Selama ini setiap hari Jumat dan Minggu kita tempatkan anggota di rumah ibadah. Jadi upaya-upaya pencegahan sudah kita lakukan. Mudah-mudahan untuk di wilayah kita tidak terjadi hal yang tidak diinginkan," sambungnya.

Selain itu, kata Sri, Bhabinkamtibmas disetiap jam ibadah selalu aktif memberikan imbauan. Mulai dari masalah bahaya narkoba, mencegah kenakalan remaja serta juga fokus pada menjaga kerukunan umat beragama.

"Jadi kita sudah lakukan upaya preemtif dan preventif. Dengan ada kita aktif turun di lapangan, setidaknya akan membuat niat pelaku untuk urung melakukan," pungkasnya. (sym)

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini