Edukasi Pemilih, KPU Banten Luncurkan Rumah Pintar Pemilu

Iqbal Multatuli, Okezone · Selasa 15 November 2016 12:11 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 15 340 1541792 edukasi-pemilih-kpu-banten-luncurkan-rumah-pintar-pemilu-qbXyzCuySR.jpg Rumah Pintar Pemilu KPU Banten. Foto Iqbal Multatuli/Okezone

SERANG – Guna mengedukasi pemilih untuk lebih memahami tentang Pemilu dan demokrasi, KPU Banten meluncurkan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Nantinya, RPP itu bisa digunakan masyarakat untuk lebih tahu dan memahami apa yang disebut Pemilu sebagai produk dari demokrasi serta nilai-nilai demokrasi yang dianut Indonesia sebagai cara untuk memilih pemimpin.

"Nama rumah itu bisa kita artikan sebagai tempat, wadah, di mana kita berharap orang yang datang di rumah ini menjadi pintar, paham, tahu mengerti apa itu politik, apa itu demokrasi, apa itu pemilu," kata Ketua KPU RI Juhri Ardiyantoro, Selasa (15/11/2016).

Juhri menyatakan, rumah pintar tersebut sebagai bentuk amanat KPU RI untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat luas. Selain itu, RPP juga disediakan untuk masyarakat luas sehingga siapapun bisa berkunjung untuk juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Jadi sarana ini adalah yang disediakan oleh KPU bagi siapa saja, masyarakat luas, pelajar, kalangan kampus, datanglah ke Rumah Pintar Pemilu," tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Banten menyatakan bahwa pihaknya ingin memiliki sebuah tempat penelitian bagi masyarakat yang ingin meniliti bagaimana peran dan fungsi KPU sebagai penyelenggara pemilu.

"Bahwa KPU Banten punya keinginan kuat memiliki tempat pusat kajian berkaitan dengan info demokarasi dan pemilu di Provinsi Banten," ungkapnya.

Rumah Pintar Pemilu merupakan gagasan dan program KPU RI yang sudah didirikan di seluruh kabupaten dan kota se-Indonesia.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini