nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Kuliah di Luar Negeri, Jawab Dulu Pertanyaan Ini!

Afriani Susanti , Jurnalis · Jum'at 18 November 2016 20:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 18 65 1545121 sebelum-kuliah-di-luar-negeri-jawab-dulu-pertanyaan-ini-5fJsgOL3Jm.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Kuliah di luar negeri memang tidak mudah. Karena selain harus mempersiapkan diri di kampus tujuan, kamu juga perlu meyakinkan diri bahwa tujuanmu untuk kuliah di luar negeri bisa membawa dampak yang baik.

Dinukil dari laman Hotcourse, Jumat (18/11/2016), ada sejumlah pertanyaan yang perlu kamu jawab sebelum akhirnya merencanakan kuliah di luar negeri. Apa saja?

Berapa lama kamu bisa jauh dari rumah?

Bagi mereka yang begitu dekat dengan keluarga dan teman, kuliah di luar negeri berarti mengharuskanmu untuk berjauhan dari mereka. Jika kamu berpikir bahwa kamu tidak bisa, ada baiknya kamu memiliki kursus atau studi yang lebih cepat.

Kota atau desa?

Kamu mungkin tidak akan memikirkan ini sebelumnya. Kamu tentu harus memikirkan seputar kehidupanmu di luar negeri mulai dari transportasi, sampai beberapa faktor lainnya.

Maukan berbagi ruangan?

Budaya di kampus, biasanya mahasiswa kerap berbagi ruangan. Ketika memiliki UK, akan ada banyak ruangan besar sehingga kamu bisa berbagi, atau kamu lebih memilih untuk memiliki ruangan sendiri.

Apa kamu bisa memasak?

Beberapa tempat tinggal di kampus biasanya memberikan pilihan makanan bagi mereka termasuk sarapan dan makan malam, Namun pada kasus ini kamu pun perlu belajar memasak sendiri.

Apa saya mengejar minat atau karier?

Ketatnya kompetisi yang ada di dunia kerja, membuat banyak mahasiswa kuliah di luar negeri. Jika kamu memilih kuliah di luar negeri, pikirkan lagi bagaimana kualifikasi bagi karier tersebut? Bisakah kemampuan serta pengetahuan ini membawamu pada bidang tersebut?

Apa pekerjaan yang tersedia?

Beberapa negara atau wilayah memiliki potensi untuk berkembang. Jika kamu berminat untuk tinggal di tempat tersebut, carilah pekerjaan yang tersedia di sana.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini