China Desak Filipina-Vietnam Selesaikan Sengketa LCS Secara Bilateral

Emirald Julio, Okezone · Senin 21 November 2016 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 21 18 1546601 china-desak-filipina-vietnam-selesaikan-sengketa-lcs-secara-bilateral-aahMPL1s1y.jpg Foto Presiden China Xi Jinping di pertemuan APEC CEO Summit di Lima, Peru (Foto: Reuters)

LIMA – Pada dua pertemuan yang berbeda, Presiden China Xi Jinping mendesak Filipina serta Vietnam untuk menyelesaikan sengketa Laut China Selatan (LCS) dengan Negeri Tirai Bambu melalui dialog bilateral. Hal tersebut ia sampaikan di pertemuan bilateral dengan pimpinan kedua negara di tengah pertemuan APEC CEO Summit di Lima, Peru.

Desakan dari Xi itu diindikasikan agar Vietnam dan Filipina tidak melibatkan negara lain atau organisasi internasional dalam sengketa LCS. Filipina sebenarnya sudah membawa kasus LCS ke Pengadilan Arbitrase Internasional (PCA) di Den Haag, Belanda.

Namun ada kemungkinan putusan dari PCA tidak akan ditindaklanjuti oleh Filipina. Pasalnya pada kunjungan Presiden Rodrigo Duterte ke China mempelihatkan Filipina semakin dekat dengan Negeri Tirai Bambu dan berniat menyelesaikan sengketa LCS dengan jalur dialog.

Sebagaimana dikutip dari Xinhua, Senin (20/11/2016) pada pertemuan di Lima, Xi mengatakan kepada Duterte agar secara aktif memikirkan kerjasama maritim dan meningkatkan interaksi yang positif di laut. Bahkan Presiden China itu menganjurkan agar menjadikan isu LCS menjadi kesempatan untuk mengadakan kerjasama bilateral yang bersahabat.

Xi juga menganjurkan hal yang sama dengan Presiden Vietnam Tran Dai Quang pada pertemuan APEC. Namun berbeda dengan Duterte yang memberikan respons positif dengan desakan Xi, Xinhua tidak melaporkan respons dari Tran terkait permintaan sang Presiden China itu.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini