nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benda Purbakala Ditemukan di Makam Angker

Markus Yuwono (Sindo Radio), Jurnalis · Senin 21 November 2016 08:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 11 21 510 1546674 benda-purbakala-ditemukan-di-makam-angker-YqodpWPjLI.jpg Benda purbakala yang diduga menhir (Markus Yuwono/Sindo Radio)

YOGYAKARTA – Benda purbakala yang diduga sebuah menhir raksasa ditemukan di Dusun Sokoliman II, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Batu dengan panjang lebih dari tiga meter ini ditemukan di lahan pemakaman yang terkenal angker.

Juru Kunci Makam, Sokoliman Parjio (50) mengatakan, penemuan menhir tersebut terjadi sekira akhir bulan September lalu. Rencananya benda tersebut akan diserahkan kepada Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta.

"Saat itu sedang dilakukan penggalian untuk penguburan, baru sekira kedalaman 30 sentimeter (cm) menemukan batu besar dan setelah digali ternyata menhir," katanya, saat berbincang dengan Okezone, Senin (21/11/2016).

Setelah diangkat, batu tersebut memiliki panjang 2,82 meter. Selain menhir tersebut, juga ditemukan satu lagi potongan menhir dengan 75 cm, dengan diameter hampir 1 meter.

"Menhir itu kata petugas BPCB paling besar yang sampai saat ini ditemukan di Gunungkidul, meski untuk tinggi masih kalah dengan yang di Bleberan," ujar dia.

Dijelaskannya, saat ini batu menhir itu masih diletakkan di sekitar lokasi Situs Sokoliman untuk diamankan sekaligus untuk menambah koleksi. "Memang belum dimasukkan, masih menunggu petugas," ucapnya.

Lokasi penemuan menhir tersebut dikenal masyarakat sekitar sebagai pemakaman yang angker, dan cukup dikeramatkan. Sebab, disana ada sebuah makam yang dipercaya sebagai sesepuh dusun tersebut.

"Disana ada makam sesepuh desa, dan memang dianggap angker," kata tokoh masyarakat setempat, Yanto.

(fds)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini