Ukraina Tahan Dua Tentara Rusia di Perbatasan Krimea

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Selasa 22 November 2016 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 22 18 1547919 ukraina-tahan-dua-tentara-rusia-di-perbatasan-krimea-8Zcg7wC0LH.jpg Tantara Ukraina. (Foto: Reuters)

KIEV - Penjaga perbatasan Ukraina menahan dua tentara Rusia di dekat perbatasan Krimea. Berdasarkan keterangan Ukraina, kedua Tentara Rusia tersebut telah menyeberang perbatasan dua negara. Namun hal ini dibantah pihak tentara Rusia yang menyatakan bahwa mereka berada di wilayah negara bagian Krimea, Rusia.

Moskow dan Kiev terlibat konflik berkepanjangan setelah Rusia melakukan aneksasi (perebutan wilayah secara paksa) di semenanjung Krimea, Ukrania pada 2014. Selain itu, munculnya gerakan pemberontakan separatis pro-Rusia di Ukraina timur juga mendorong berkembangnya konflik tersebut.

Dilansir dari Telegraph, Selasa (22/11/2016) Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan, Dinas Keamanan Ukraina (SBU) telah menahan dua tentara pada Minggu siang, 20 November waktu setempat. Kedua tentara yang diketahui identitasnya sebagai Maxim Odintsov dan Alexander Baranov tersebut telah dibawa ke Ukraina. Rusia menuntut agar mereka segera dilepaskan.

Sementara itu, Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengatakan, tentara Rusia tersebut ditahan setelah melintasi perbatasan di Schoenherr. Mereka pernah bertugas sebagai Tentara Ukraina sebelum akhirnya desersi dan berbalik mendukung Rusia.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini