nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Okezone Goes to Campus Beberkan Keunggulan Media Online kepada Mahasiswa

Iradhatie Wurinanda, · Rabu 23 November 2016 15:54 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 11 23 65 1549278 okezone-goes-to-campus-beberkan-keunggulan-media-online-kepada-mahasiswa-Qk1QgEKJra.jpg Live Streaming Redbons Okezone di Universitas Pancasila. (Foto: Iradhatie W/Okezone)

JAKARTA - Kemajuan teknologi telah mendorong terciptanya media baru. Dengan memanfaatkan jaringan internet, kini berita dan informasi dapat diakses dengan mudah di mana pun kita berada.

Dalam acara Okezone Goes to Campus di Universitas Pancasila (UP) Praktisi Media, Alfito Deannova berpendapat, saat ini kebutuhan informasi masyarakat tak sebatas TV maupun koran. Namun, juga terintegrasi dengan media online.

"Konsumsi media tidak seperti dulu, misalnya harus beli koran terlebih dahulu atau duduk nonton TV. Sekarang teknologi sudah memungkinkan untuk konvergensi sehingga media bisa dinikmati di mana saja, kapan saja, dan berbagai cara," paparnya di hadapan ratusan mahasiswa Fikom UP, Rabu (23/11/2016).

Kendati demikian, salah satu dosen favorit di UP itu menegaskan, kehadiran media online bukan berarti mematikan media konvensional. Justru, lanjut dia, masyarakat bisa menikmati informasi melalui media baru.

"Bedanya TV, radio, atau koran tidak memiliki keunggulan kompetitif. Sedangkan media online bisa menghadirkan semua itu," tuturnya.

Pada acara bertajuk 'Be The Real Online Journalist' itu para mahasiswa juga mendapatkan ilmu terkait citizen journalism yang saat ini tengah menjadi tren. Pemimpin Redaksi Okezone, M Budi Santosa menjelaskan, hadirnya media online turut memudahkan masyarakat untuk menjadi citizen journalist.

"Namun informasi harus berupa fakta jangan kabar burung. Memang menjadi tantangan tersendiri bagi citizen journalist untuk mengonfirmasi suatu kejadian. Sehingga dalam citizen journalism keberimbangan berita menjadi aspek tambahan. Namun pada jurnalisme profesional keberimbangan menjadi hal utama," tambahnya. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini