Baru Sehari Dibuka, Pilar Penyangga Jembatan Bailey Ambruk

Syamsul Maarif, Sindonews · Kamis 24 November 2016 10:49 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 24 525 1549964 baru-sehari-dibuka-pilar-penyangga-jembatan-bailey-ambruk-IepCjaZvMd.jpg Tiang penyangga jembatan ambruk. (Syamsul M/Okezone)

PANGANDARAN – Akses transportasi Pangandaran-Banjar yang menggunakan jembatan Bailey resmi dibuka pada pukul 08.00 WIB Rabu, kemarin. Namun, pilar penyangga jembatan yang dikerjakan oleh Kementrian PUPR itu ambruk pada pukul 23.45 WIB.

Pilar penyangga Jembatan Bailey yang menggunakan tumpukan batu dalam boronjong tersebut ambruk lantaran tidak kuat menahan derasnya air sungai. Terlebih lagi, curah hujan yang tinggi semalam tadi.

Plt Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perhubungan Komunikasi dan Inpormatika (Dispuhubkominfo) Kabupaten Pangandaran Anang Yogaswara menjelaskan, pilar penyangga tiang jembatan bailey ambrol lantaran terhantam rumpun bambu yang terbawa arus deras air.

“Jembatan Bailey yang ambruk yang digunakan akses transportasi dari arah Kota Banjar ke Pangandaran,” kata Anang.

[Baca Juga : Sebulan Ambles, Jembatan Pangandaran Kembali Normal]

Oleh karena itu, guna memperlancar transportasi, akhirnya akses jalan hanya menggunakan satu jalur jembatan dari Pangandaran ke Banjar yang dikerjakan Batalyon Zeni Tempur Kodam III Siliwangi. Lalu lintas tersebut dilakukan dengan sistem tutup buka.

“Secepatnya kami akan menggelar rapat teknis untuk menindaklanjuti hari ini,” pungkas Anang. (sym)

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini