Image

Bendera China Berkibar di Ternate, Fadli Zon: Sangat Memprihatinkan!

Putera Negara, Jurnalis · Senin, 28 November 2016 - 18:44 WIB
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto: Okezone) Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Berkibarnya bendera China di Pulau Obi, Ternate, Maluku Utara sangat mengejutkan dan membuat khawatir masyarakat Indonesia. Pasalnya, hal itu bisa dinilai sebagai ancaman kedaulatan negara. 

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menganggap peristiwa tersebut sebagai hal yang sangat memprihatinkan. Sehingga insiden itu harus disikapi dengan sangat tegas.

"Saya kira ini suatu peristiwa yang sangat sangat memprihatinkan. Dan harus disikapi dengan sangat serius," kata Fadli di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Menurut politisi Partai Gerindra itu, tidak bisa ada bendera asing berkibar di Indonesia. Ia pun menegaskan, harus ada yang bertanggung jawab atas pengibaran bendera China itu kendati Indonesia memiliki aturan untuk pengibaran bendera negara lain.

Namun, ada aturan yang berlaku, salah satunya bendera negara lain tidak diperbolehkan lebih besar dari sang saka merah putih. 

"Tapi kalau bekibar disitu dan benderanya lebih besar dari bendera Indonesia itu adalah penghinaan. Kalau perusahaan itu yang mengibarkan perusahaan itu harus diberi sanksi. Saya kira ini masih negara Republik Indonesia tidak boleh mengibarkan bendera disitu," paparnya.

Meskipun informasi yang berkembang hanya sebata seremonial, sambung Fadli, jika berbicara kenegaraan itu harus sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Saya kira tidak bisa sembarangan kecuali ada kegiatan solidaritas Palestina itu lain cerita. Ada konteks, kalau ini kan enggak ada konteks. Membuat bendera disitu dalam perayaan swasta dan lebih besar dari kita saya kira itu menyalahi," tutupnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming