Image

DPR Minta Pemerintah Tindak Tegas Pengibar Bendera China di Ternate

Putera Negara, Jurnalis · Senin, 28 November 2016 - 19:07 WIB
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto: Okezone) Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menegaskan, Pemerintah Indonesia harus memberikan tindakan tegas kepada pihak yang mengibarkan Bendera China di Pulau Obi, Ternate, Maluku Utara. Pasalnya, setiap negara memiliki aturan hukum tersendiri untuk hal yang sensitif seperti itu.

Menurut Fadli, Indonesia memang bukan negara yang tertutup, siapa pun dipersilakan untuk bekerja. Namun, tidak boleh sembarangan melakukan hal yang dilarang oleh produk hukum satu negara.

"Kita tegakkan aja aturan hukum. Kalau bekerja di sini ya silakan saja, tapi mereka kerja itu sudah sesuai aturan belum," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Politisi Partai Gerindra itu menyatakan, para turis yang bertujuan bekerja di Indonesia harus dicek kembali keperluannya untuk apa. Mengingat banyak pula yang mengatakan berlibur, namun kenyatannya bekerja.

"Kalau kerja ke sini pakai visa turis kan berarti langgar aturan. Nah, itu harus segera diproses hukum tangkap, deportasi. Enggak bisa dong negara seperti Indonesia seolah kita ini tak punya aturan yang mengendalikan kita sendiri. Kalau di negara lain jelas ada pekerja ditangkap dideportasi. Masukin penjara, hanya di Indonesia nih begini," paparnya.

Jika dibiarkan terus menerus, Fadli menekankan kedepannya akan menjadi ancaman tersendiri untuk ketahanan dan pertahanan Indonesia. Jika tak diproses secara hukum, lanjutnya, akan bisa terjadi hal yang serupa nantinya.

"Dampak negatif kita tidak punya kewaspaan dan sense of belonging. Orang bebas kibarkan bendera dari negaranya di kita. Kecuali peringatan perayaan itu oke. Tapi ini kan lain. Nanti jadi modus yang berulang seolah kita enggak berdaulat di negeri sendiri," tutupnya.

(Ari)

  • TAG :

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming