Lulusan PTIQ Diharapkan Bisa Membangun Kesalehan Sosial

ant, · Senin 28 November 2016 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 28 65 1553167 lulusan-ptiq-diharapkan-bisa-membangun-kesalehan-sosial-HgxIsTHeic.jpg Ilustrasi : (Foto: Dok. Okezone)

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos), Khofifah Indar Parawansa, meminta para lulusan Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) membangun kesalehan sosial karena dalam Alquran banyak ayat yang seiring dengan amal sosial.

"Saya harapkan Perguruan Tinggi Ilmu Alquran punya banyak program studi yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat, karena memang banyak sekali ayat Alquran yang mengajak membangun kesalehan sosial dalam keadaan apa pun," kata Mensos saat memberikan orasi ilmiah pada wisuda Institut PTIQ di Jakarta Convention Center, Senin (28/11/2016).

Mensos mengatakan, lulusan PTIQ diharapkan juga menjadi generasi qurani yang membangun generasi bangsa berkarakter dan bermentalitas kuat, serta tahan banting terhadap berbagai ujian.

Dia mencontohkan, PTIQ mempunyai program studi komunikasi Islam yang artinya bagaimana para lulusannya juga ikut menjaga suasana yang kondusif dalam proses komunikasi dalam masyarakat.

"Beberapa waktu terakhir, banyak muncul ujaran kebencian yang harus kita antisipasi dapat memecah belah bangsa. Dalam Alquran sebetulnya sudah memberikan referensi bagaimana berbicara yang baik, mengajarkan kita mengatakan sesuatu dengan santun, benar dan jujur," tambah dia.

Karena itu, menurut Mensos perlu diingatkan kembali kepada seluruh warga bangsa bahkan dunia bahwa Alquran sudah memberikan contoh yang baik.

Dengan menjadikan Alquran sebagai referensi dalam kehidupan dan beramal sosial, Islam dapat betul-betul menjadi rahmat bagi semua. (afr)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini