Image

Trik Cerdas agar Dipanggil Wawancara Kerja

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Selasa 29 November 2016 06:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 28 65 1553489 trik-cerdas-agar-dipanggil-wawancara-kerja-QO0vZitR4i.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Panggilan kerja pertama selalu memberi kesan tersendiri bagi fresh graduate. Ada yang langsung mendapat pekerjaan yang diinginkan, namun tak sedikit fresh graduate yang harus menunggu lama sampai akhirnya dipanggil wawancara.

Penantian panggilan wawancara kerap membuat fresh graduate stres dan gelisah. Tak usah khawatir, berikut ini beberapa trik yang bisa kamu lakukan supaya segera dipanggil untuk wawancara.

1. Beri Feedback

Feedback atau umpan balik merupakan respons yang bisa kamu tunjukkan kepada perekrut. Respons bisa berupa ucapan terima kasih jika kamu mendapat balasan e-mail dari perekrut. Jika kamu mendapat penolakan, coba tanyakan apa yang bisa ditingkatkan untuk melamar kerja berikutnya. Ekspresikan seberapa besar hasratmu untuk bisa mendapatkan posisi tersebut.

2. Telusuri Pertanyaan yang Sulit Dijawab

Fresh graduate harus mampu belajar dari kesalahan sebelumnya. Pengalaman gagal di wawancara sebelumnya bisa menjadi acuan untuk panggilan berikutnya. Telusuri pertanyaan-pertanyaan yang tak bisa dijawab dengan baik. Kemudian cari tahu jawaban terbaik untuk pertanyaan serupa.

3. Hadapi Penolakan dengan Cerdas

Fresh graduate harus tahan banting menghadapi penolakan. Namun jika kamu benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut, jangan mudah putus asa. Coba tanyakan kesempatan magang atau pelatihan di perusahaan tersebut. Tunjukkan bahwa kamu antusias, siapa tahu perusahaan akan memberimu kesempatan kedua. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini