Brexit: Theresa May Tak Diundang Dalam Jamuan Makan Malam Uni Eropa

Silviana Dharma, Okezone · Sabtu 03 Desember 2016 00:01 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 02 18 1557744 brexit-theresa-may-tak-diundang-dalam-jamuan-makan-malam-uni-eropa-PRx42SNgub.jpg PM Inggris Theresa May. (Foto: Getty)

BRUSSELS - Inggris memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa. Langkah ini dikenal dengan nama Brexit.

Walaupun negosiasinya masih mandek, rupa-rupanya Dewan Uni Eropa sudah menganggap Negeri Ratu Elizabeth bukan bagian dari organisasi itu lagi. Buktinya, Perdana Menteri Inggris Theresa May tidak masuk dalam daftar undangan jamuan makan malam akhir tahun Uni Eropa.

Diwartakan Telegraph, Sabtu (3/12/2016), agenda pertemuan reguler negara-negara UE tersisa satu hari lagi dan akan diakhiri dengan jamuan makan malam di Brussels pekan. Dalam hal ini mereka tentunya sekaligus merayakan Natal dan bertukar salam Tahun Baru. Akan tetapi, dalam program pertemuan yang diumumkan pada Kamis 1 Desember, nama May tak ada.

Ketua Dewan Uni Eropa Donald Tusk memaparkan, pertemuan itu akan berlangsung singkat. Acara dibuka pada pagi hari dan diharapkan sudah bisa selesai siangnya. Sisa hari akan dimanfaatkan untuk berdiplomasi di meja makan.

Jamuan makan terakhir May bersama pimpinan 27 negara anggota UE lainnya berlangsung pada Oktober lalu. Usai menikmati kudapan tumis kerang, daging domba panggang dan hidangan penutup berupa es krim vanila, Ketua Partai Konservatif Inggris Raya itu dipersilakan menegaskan posisi negaranya terkait Brexit.

Dalam kesempatan itu, dengan lantang May menyatakan Inggris tidak selayaknya diasingkan dari diskusi 28 negara anggota selagi masih menjadi bagian dari Uni Eropa. Tetapi sepertinya pernyataan tersebut kini diabaikan.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini