nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Esai di USBN Sulit Diterapkan di Ujian Berbasis Komputer

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Jum'at 02 Desember 2016 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 12 02 65 1557422 soal-esai-di-usbn-sulit-diterapkan-di-ujian-berbasis-komputer-lBj6fRoMEo.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Soal ujian nasional (UN) yang berbentuk pilihan ganda dinilai tidak efektif dalam mengevaluasi kemampuan siswa terhadap mata pelajaran tertentu. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, soal pilihan ganda hanya mampu menguji kemampuan level tiga siswa.

"Kemampuan level tiga siswa mencakup mengingat dan mengaplikasikan saja," ucapnya di Gedung DPR RI, Jakarta, belum lama ini.

Sedangkan kemampuan berpikir kritis siswa, ujar Muhadjir, bisa diukur melalui bentuk soal esai. Oleh sebab itu, jika moratorium ujian nasional (UN) disetujui, rencananya pada ujian sekolah berstandar nasional (USBN) akan disisipi soal esai.

"Akan dikurangi sistem pilihan ganda, dan ada soal bentuk esai," sebutnya.

Kendati demikian, soal berbentuk esai tidak bisa diterapkan melalui ujian berbasis komputer atau computer based test (CBT). Padahal, CBT menjadi cara praktis dan efisien dalam penyelenggaran ujian.

"Memang soal esai tak bisa di komputer. Karena pertanyaannya, siapa yang akan mengoreksi? Untuk itu, koreksi bisa dilakukan oleh KKG dan MGMP. Ini salah satu upaya agar mereka bisa berdaya," tuturnya.

Muhadjir menambahkan, jika disetujui Kemdikbud sudah siap melaksanakan USBN. Saat ini, persiapan telah mencapai 70 persen. "Kami tinggal produksi soal dan pelaksanaan," tandasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini