44 Mahasiswa Internasional Pentas Seni Karawitan di Prambanan

Prabowo, Okezone · Senin 05 Desember 2016 11:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 05 65 1558825 44-mahasiswa-internasional-pentas-seni-karawitan-di-prambanan-SHTsynWxV4.jpg (Foto: Prabowo/Okezone)

SLEMAN - Mengenakan busana Jawa, sebanyak 44 mahasiswa mahasiswi internasional terlihat kompak saat bermain karawitan (alat musik Jawa) dalam Gebyar Gangsa Agung Prambanan di Panggung Kinara-Kinari Ramayana Ballet Prambanan, Sleman, Minggu 4 Desember 2016 malam.

Mereka berasal dari 22 negara yang tengah menempuh studi di Yogyakarta. Ke-22 negara asal mereka mulai dari Australia, Bulgaria, Kamboja, Republik Ceko, Denmark, India, Italia, Korea Selatan, Mexico, Polandia, Rusia, Slovakia, Spanyol, Taiwan, Tanzania, Thailand, Timor Leste, Tiongkok, Ukraina, USA, Venezuela, dan Vietnam.

Ke-44 mahasiswa itu masih berstatus mahasiswa di empat kampus ternama, mulai dari Universitas Gajah Mada, Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana menyambut baik even yang dihelat perdana oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko ini. Dia berharap event ini digelar secara berkelanjutkan untuk meningkatkan kunjungan wisata heritage di tiga kompleks candi tersebut.

"Kami berharap setelah mereka lulus nanti dan kembali ke negara asalnya, bisa menjadi duta wisata untuk Indonesia karena mempromosikan seni budaya, khususnya budaya Jawa," tandasnya.

Direktur PT TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Edy Setijono mengatakan, mahasiswa mahasiswi internasional itu sudah dilatih secara profesional oleh Dosen Karawitan Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Anon Suneko. Mereka sudah berlatih bersama selama 10 hari sebelum pementasan malam ini.

"Nanti setelah penampilan perdana ini, mereka akan tampil pada tanggal 17 dan 18 Desember di Candi Borobudur," tandasnya.

Yogyakarta sendiri menjadi tempat terbanyak mahasiswa asing di Indonesia. Terdapat sekira 2.500 mahasiswa mahasiswi asing di Kota Gudeg Yogyakarta. Mereka tercatat berstatus mahasiswa lebih dari 17 perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.

Selain mahasiswa internasional, mahasiswa asli Indonesia dari berbagai kampus juga melakukan penentasan serupa. Mereka dari Psikologi UGM, UNS Surakarta, dan UNY.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini