Seleksi Masuk PTN Disesuaikan dengan Moratorium UN

Iradhatie Wurinanda, · Senin 05 Desember 2016 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 05 65 1559276 seleksi-masuk-ptn-disesuaikan-dengan-moratorium-un-zY4JeZQbLi.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sedang menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo untuk memoratorium ujian nasional (UN).

Jika hal tersebut diberlakukan mulai tahun depan, maka sistem penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN) juga akan mengalami penyesuaian.

"Sebelumnya UN sebagai bahan pertimbangan dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)," ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir, Senin (5/12/2016).

Nasir mengungkapkan, dengan adanya moratorium UN, artinya harus ada penyesuaian dalam penerimaan mahasiswa baru di PTN. Namun terkait perubahannya, sambung Nasir, masih menunggu hasil rapat dengan Presiden.

"Intinya kami ingin melihat pendidikan di Indonesia ada suatu standar yang jelas. Ujiannya jelas sehingga kredibilitasnya jelas, ini sangat penting. Terkait perubahannya apa, akan kami lihat dulu berdasarkan rapat dengan Pak Presiden" tuturnya.

Sedangkan Mendikbud Muhadjir Effendy dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, belum lama ini menjelaskan bahwa moratorium UN dibutuhkan lantaran saat ini hasilnya tidak berimplikasi dengan peserta didik. Menurutnya, dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru, PTN memiliki sistem masing-masing yang lebih mereka percaya.

"PTN percaya pada sistem. Mereka tak menerima mahasiswa baru berdasarkan hasil UN," tukasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini