Sidang Jenderal Pembantai Muslim Bosnia Memasuki Tahap Akhir

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 06 Desember 2016 00:23 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 06 18 1559571 sidang-jenderal-pembantai-muslim-bosnia-memasuki-tahap-akhir-6Uciixa9kj.jpg Ratko Mladic pada 2012. (Foto: Reuters)

DEN HAAG – Mantan komandan militer Serbia yang menjadi tokoh utama pembantaian ribuan muslim Bosnia pada 1995 di Srebrenica, Ratko Mladic menjalani sidang tahap akhir atas kejahatannya di Pengadilan Kriminal Internasional untuk Kasus Bekas Yugoslavia (ICTY) di Den Haag, Belanda.

Mladic bersama dengan pemimpin politik Serbia Bosnia Radovan Karadzic merupakan tersangka utama pembantaian lebih dari 8.000 warga Muslim Bosnia di Srebrenica selama Perang Bosnia 1992-1995. Karadzic telah divonis 40 tahun penjara oleh ICTY pada Maret lalu.

Jaksa penuntut mengatakan, kedua tokoh itu menyusun konspirasi untuk membentuk negara yang hanya dihuni etnis Serbia yang murni di Bosnia.

“Kampanye pembersihan menghancurkan keluarga-keluarga dan komunitas non-Serbia dan meninggalkan masjid-masjid dan gereja Katolik yang hancur, desa-desa Muslim Bosnia yang kosong dan terbakar dan kuburan massal,” kata Jaksa Arthur Traldi sebagaimana dilansir Reuters, Selasa (6/12/2016).

Karadzic dan Mladic didakwa sesaat setelah perang yang menewaskan lebih dari 100 ribu nyawa itu berakhir, buron selama lebih dari satu dekade sebelum akhirnya ditangkap. Pria berusia 74 tahun itu diancam hukuman seumur hidup atas dua tuduhan genosida dan sembilan tuduhan kejahatan kemanusiaan dan kejahatan perang.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini