Uni Eropa: Kesepakatan Brexit Harus Dicapai dalam 18 Bulan

Rufki Ade Vinanda, Okezone · Selasa 06 Desember 2016 20:24 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 06 18 1560338 uni-eropa-kesepakatan-brexit-harus-dicapai-dalam-18-bulan-3dqxvNzFW2.jpg Michel Barnier. (Foto: Associated Press)

BRUSSELS - Inggris punya waktu kurang dari 18 bulan terkait negosiasi Brexit. Michel Barnier, Kepala Komisi Eropa negosiator Brexit mengungkapkan bahwa kesepakatan harus dicapai pada Oktober 2018.

Dilansir Huffingtonpost, Selasa (6/12/2016), Michel Barnier telah menyampaikan hal ini pada Perdana Menteri Inggris, Theresa May. "Kami siap, tetap tenang dan bernegosiasi," tutur Barnier dalam konferensi persnya di Brussels, Belgia.

Sementara itu menanggapi hal tersebut, Inggris juga mengaku siap bernegosiasi. "Kami bernegosiasi dengan semangat jika semuanya akan baik-baik saja. Dan kami akan melakukannya dengan tenang," ujar seorang juru bicara Perdana Menteri Inggris.

Barnier menambahkan, waktu 18 bulan akan menjadi sisa waktu bagi London untuk mendiskusikan persyaratan keluar dari Uni Eropa (UE). Selain itu, waktu tersebut juga akan digunakan untuk persiapan bagi parlemen UE dan Inggris guna meratifikasi kesepakatan.

UE telah mengatur empat prinsip negosiasi yaitu kebebasan manusia, barang, modal, dan jasa.

"Menjadi anggota Uni Eropa dilengkapi dengan hak dan manfaat. Negara-negara ketiga tidak pernah memiliki hak dan manfaat yang sama karena mereka tidak tunduk pada kewajiban yang sama. Pasar tunggal dan empat prinsip kebebasan adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan," tambah Barnier. Ia juga menyarankan Inggris untuk mengadopsi sistem Norwegia yang membayar pada UE untuk mendapatkan akses pasar meskipun Norwegia tidak terikat dengan UE.

Selain itu, Barnier juga memperingatkan Inggris untuk tidak memengaruhi 27 negara lainnya yang masih bertahan menjadi anggota UE.

"Terserah Inggris untuk memberi tahu kami apa yang ada di pikiran mereka. Dan kami siap untuk menghadapi masa depan UE dengan Inggris. Persatuan adalah kekuatan UE. Ini jauh lebih baik untuk menunjukkan solidaritas daripada berdiri sendiri. Semua akan selesai kurang dari 18 bulan untuk bernegosiasi dan kesepakatan harus dicapai pada Oktober 2018," tutup Barnier. (rav)

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini