Kunjungi Pearl Harbor, PM Jepang Tidak Akan Minta Maaf

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 07 Desember 2016 02:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 07 18 1560517 kunjungi-pearl-harbor-pm-jepang-tidak-akan-minta-maaf-6CJMaKLXMD.jpg PM Jepang Shinzo Abe. (Foto: Reuters)

TOKYO – Kunjungan bersejarah Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe ke Pearl Harbor akhir bulan ini ditujukan untuk mengenang para korban serangan Jepang ke pangkalan Amerika Serikat (AS) itu 75 tahun lalu, bukan untuk meminta maaf. Hal itu disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga.

“Kunjungan ini adalah kesempatan untuk mengingat mereka yang tewas dalam perang, menunjukkan ketetapan hati bahwa kengerian perang tidak boleh diulangi, dan pada saat yang sama mengirim pesan rekonsiliasi antara Jepang dengan AS,” kata Suga sebagaimana dilansir Japan Times, Rabu (7/12/2016).

Abe akan menjadi PM Jepang pertama yang datang mengunjungi lokasi serangan yang dilancarkan Jepang pada 7 Desember 1941 di Pearl Harbor. Serangan yang menewaskan setidaknya 2.400 tentara dan warga sipil AS itu menyeret Negeri Paman Sam ke dalam kancah Perang Dunia II.

Kunjungan yang direncanakan berlangsung pada 26 sampai 27 Desember tersebut dilakukan PM Abe setelah Barack Obama menjadi Presiden AS petahana pertama yang mengunjungi Hiroshima pada Mei lalu. Hiroshima adalah satu dari dua kota di Jepang yang luluh lantak akibat serangan bom atom AS yang mengakhiri Perang Dunia II.

Walaupun tidak adanya permintaan maaf dari Jepang mungkin akan menimbulkan kekecewaan bagi sebagian veteran perang, Abe berharap kunjungannya dapat menunjukkan keeratan hubungan antara Jepang dengan AS.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini