nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Paus: Skandal Berita Bohong bak Obsesi pada Kotoran

Silviana Dharma, Okezone · Kamis 08 Desember 2016 10:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 08 18 1561737 sri-paus-skandal-berita-bohong-bak-obsesi-pada-kotoran-tkB0lruXis.jpg Paus Fransiskus I. (Foto: Gregorio Borgia/AP)

BRUSSELS – Menyebarkan informasi yang salah atau berita palsu mungkin menjadi kerusakan terbesar yang bisa disebabkan oleh media. Demikian ucap Paus Fransiskus dalam wawancara dengan majalah mingguan Katolik Belgia, Tertio, pada Rabu 7 Desember 2016 waktu setempat.

Sri Paus memperingatkan bahwa menyalahgunakan media seperti itu juga termasuk dosa. Bahkan, ia tak segan-segan menyamakan kelakuan wartawan yang suka mewartakan kebohongan sebagai orang yang terobsesi pada kotoran atau cocrophilia.

“Saya rasa media harus memosisikan diri dengan sangat jelas, sangat transparan, dan tidak terjerumus menjadi cocrophilia. Contohnya, mereka selalu ingin menutup skandal dan hal menjijikkan, meskipun hal itu benar terjadi,” ujarnya, seperti disitat dari Cnet, Kamis (8/12/2016).

Menjadi sasaran berita bohong bagi pemimpin umat Katolik itu bukan hal baru. Pada Juli lalu, sebuah portal berita daring pernah melaporkan bahwa Paus berdarah Argentina tersebut mendukung Donald Trump. Faktanya, kabar itu hoax belaka.

Hampir setiap tahun, berita tewasnya seorang artis atau tokoh politik terkenal juga sering merebak di internet, khususnya di media daring yang tidak jelas. Mereka yang pernah dikabarkan meninggal padahal masih segar bugar adalah Ratu Elizabeth II pada Agustus 2016, Tom Hanks pada 2006, Miley Cyrus pada 2008, Harrison Ford pada 2009, Tom Cruise dan Jackie Chan pada 2013, serta Paris Hilton pada 2007 dan 2012.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini