Pekan Depan, Presiden Jokowi Sambangi India dan Iran

Agregasi Sindonews.com, · Jum'at 09 Desember 2016 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 09 18 1563096 pekan-depan-presiden-jokowi-sambangi-india-dan-iran-0HRlayMPgl.jpg Presiden Jokowi. (Foto: dok. Okezone)

JAKARTA - Presiden Jokowi dilaporkan akan melakukan kunjungan ke India dan Iran pekan depan. Kunjungan ke India akan dilakukan pada 12-13 Desember 2016 dan berlanjut ke Iran pada 14 Desember 2016.

Berdasarkan siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Sindonews pada Jumat (9/12/2016), dua lawatan ini merupakan kunjungan balasan. Sebelumnya, Perdana Menteri India telah berkunjung ke Indonesia pada Oktober 2013 dan Presiden Iran berkunjung ke Indonesia pada April 2015.

"Kunjungan kenegaraan ini penting, mengingat India dan Iran adalah dua negara yang memiliki potensi kerja sama yang sangat besar. India adalah mitra dagang terbesar Indonesia di Asia Selatan dan sekaligus merupakan mitra terbesar ke-4 di dunia. Angka perdagangan Indonesia dengan India pada 2015 mencapai USD14,45 miliar. Sedangkan investasi India ke Indonesia merupakan 43% dari investasi India di ASEAN yang mencapai USD57,2 juta pada 2015," kata Kemlu dalam siaran persnya.

Pada kunjungan kali ini, Jokowi juga akan menjajaki lebih jauh diversifikasi ekspor Indonesia ke India. Mantan Walikota Solo itu juga akan membahas upaya peningkatan kerja sama investasi untuk industri bahan baku obat-obatan.

"Sedangkan Iran merupakan salah satu negara yang memiliki cadangan energi yang cukup tinggi. Diversifikasi mitra kerjasama energi sangat penting untuk mendukung ketahanan energi nasional. Kunjungan kenegaraan Presiden RI ke Iran akan dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama di bidang minyak dan gas, termasuk kerja sama pengelolaan ladang minyak di Iran dan investasi kilang minyak di Indonesia," sambungnya.

"Kerja sama ekonomi dengan Iran menjadi lebih terbuka dengan telah disepakatinya Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA)," papar Kemlu.

Selain fokus kepada kerja sama ekonomi, Jokowi juga akan menggunakan kunjungan ini untuk memperkuat kerja sama dalam konteks IORA, mengingat India dan Iran merupakan dua negara anggota IORA. Indonesia sendiri saat ini memegang posisi Ketua IORA.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini