Ujian Nasional, Siswa Paling Sulit Kerjakan Soal MIPA

Iradhatie Wurinanda, · Minggu 11 Desember 2016 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 09 65 1562821 ujian-nasional-siswa-paling-sulit-kerjakan-soal-mipa-ktmIG53b2M.jpg Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Salah satu hal yang membuat siswa takut ujian adalah tidak bisa menjawab soal. Beberapa mata pelajaran yang dianggap sulit, yakni hitung-menghitung, seperti matematika, fisika, dan kimia.

"Pelajaran yang paling dianggap sulit biasanya matematika, walaupun relatif," sebut Direktur Operasional Bimbel Genius, Mujib Ridwan, dihubungi Okezone, belum lama ini.

Mujib menjelaskan, pelajaran matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA) memang kerap mendapat perhatian ekstra bagi siswa, khususnya jelang ujian. Sedangkan di luar MIPA, pelajaran yang juga dinilai sulit adalah bahasa Inggris.

"Kami sebagai bimbel melakukan persiapan khusus, pelatihan, penjelasan, dan briefing untuk siswa. Di samping itu bedah SKL agar pengajar atau tentor bisa tepat dalam menjelaskan materi," terangnya.

Dia menyebut, terdapat beberapa siswa yang harus diberi perhatian khusus untuk mencerna materi. Caranya, yakni dengan memberi tambahan belajar sehingga mereka tidak tertinggal dengan siswa lainnya.

"Memang biasanya mereka yang ikut bimbel kelas VI SD, IX SMP, atau XII SMA. Karena jelang UN siswa cenderung akan mencari tambahan belajar, bahkan beberapa sekolah membuka pintu kerjasama untuk menyiapkan materi siswa jelang UN," tambahnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini