nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bill English Ditunjuk sebagai Perdana Menteri Selandia Baru

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 12 Desember 2016 06:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 12 18 1564530 bill-english-ditunjuk-sebagai-perdana-menteri-selandia-baru-hhlwlcor6s.jpg Bill English ditunjuk sebagai Perdana Menteri Selandia Baru (Foto: Marty Melville/AFP)

WELLINGTON - Parlemen Selandia Baru menetapkan Bill English sebagai Perdana Menteri (PM) pengganti John Key yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu. Sementara jabatan wakil perdana menteri akan diserahkan kepada Paula Bennett. Penunjukkan tersebut membuat John Key yang menjagokan Bill English, semringah.

“Hari yang sangat indah bagi perdana menteri baru. Saya tahu saya menyerahkan pemerintahan ke tangan yang sangat baik dalam bentuk Bill English dan Paula Bennett. Mereka akan memimpin negeri ini dengan sangat baik,” tutur John Key, seperti dimuat Stuff New Zealand, Senin (12/12/2016).

Kaukus Partai Nasional mengonfirmasi penunjukkan tersebut pada Senin pagi waktu setempat. Bill English akan diambil sumpah jabatannya di Istana Pemerintah di Wellington pada siang hari waktu setempat. English sendiri merasa sangat fantastis saat tiba di kaukus bersama dengan John Key.

Pengunduran diri John Key mengejutkan seantero Negeri Kiwi. Meski masih dicintai rakyatnya, dia menolak dicalonkan kembali untuk periode keempat. John Key beralasan, tiba waktunya bagi dia untuk memusatkan perhatian kepada keluarga.

Saat mengumumkan pengunduran diri, John Key secara terang-terangan menyebut nama Bill English sebagai pengganti. Wakil PM itu mendapat dukungan mayoritas dari 58 koleganya di Partai Nasional. Kinerja English sebagai tangan kanan John Key menuai pujian terutama dalam bidang ekonomi. Namun, mantan menteri keuangan itu dianggap tidak memiliki kharisma sekuat John Key.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini