nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awan Mirip UFO Selimuti Sumatera Barat

Rus Akbar, Jurnalis · Selasa 13 Desember 2016 18:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 13 340 1565678 awan-mirip-ufo-selimuti-sumatera-barat-tL5xpgiMk8.jpg Awan Mirip UFO Selimuti Sumatera Barat (Dok. BMKG)

PADANG - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendapat momen gambar berupa pesawat UFO yang terbentuk dari kumpulan awan di wilayah Gunung Marapi, Sumatera Barat. Hal tersebut terjadi sekira pukul 07.00 hingga 10.00 WIB.

Kepala Seksi Obesrvasi dan Informasi BMKG Ketapin Budi Samiaji menyatakan, putaran awan yang mirip pesawat UFO itu dinamakan awan lentikularis.

“Awan ini terjadi akibat terjadi adanya gelombang gunung atau angin lapisan atas di atas permukaan yang cukup kuat dari suatu sisi gunung membentur dinding pegunungan sehingga menimbulkan turbulensi di sisi gunung lainnya dan membentuk awan-awan bertingkat yang berputar seperti lensa atau pesawat UFO,” ujarnya, Selasa (13/12/2016).

Budi menambahkan, awan-awan tersebut mengindikasikan adanya turbulensi atau putaran angin secara vertikal yang cukup kuat sehingga berbahaya bagi penerbangan rendah seperti helikopter disekitar awan.

“Awan ini secara meteorologi tidak mengindikasikan fenomena lain seperti akan datangnya gempa atau bencana besar lainnya. Awan tersebut hanya mengindikasikan adanya turbulensi di lapisan atas,” terangnya.

Fenomena itu jarang terjadi dan hanya bersifat momentum atau waktu-waktu tertentu, biasanya ditandai adanya kecepatan angin yang cukup kuat lebih dari beberapa hari disekitar pegunungan.

“Ini sering terjadi di Danau Singkarak, Sawahlunto, Solok, Payakumbuh dan sekitarnya. Awan-awan ini paling banyak terjadi di wilayah pegunungan, perbukitan dan sekitarnya,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini