nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan Ulang Tahun, Paus Fransiskus Sarapan Bersama Tunawisma

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 18 Desember 2016 01:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 12 18 18 1569414 rayakan-ulang-tahun-paus-fransiskus-sarapan-bersama-tunawisma-dUMPNri1Fl.jpg Paus Fransiskus sarapan bersama dengan tunawisma dalam perayaan ulang tahun ke-80 (Foto: Greg Burke/Twitter)

VATIKAN – Pemimpin Tertinggi umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, tengah berbahagia. Sebab, pria asal Argentina itu merayakan hari ulang tahun ke-80 yang jatuh tepat pada 17 Desember 2016. Pria yang dikenal bersahaja itu memilih untuk menggelar sarapan bersama dengan delapan tunawisma di Vatikan sebelum memimpin misa.

Paus Fransiskus berbincang hangat dengan para tunawisma tersebut di tengah-tengah acara. Empat orang warga Italia, dua orang warga Rumania, satu orang warga Moldova, dan satu orang warga Peru, satu persatu disapa secara pribadi oleh pria bernama asli Jorge Mario Bergoglio itu.

Delapan orang tersebut diketahui sebagai tunawisma yang tinggal di sekitar Basilika Santo Petrus di Vatikan. Atas kebaikan Sri Paus, delapan orang tersebut mempersembahkan satu buket karangan bunga matahari sebagai kado ulang tahun. Usai sarapan, Sri Paus langsung memimpin misa di hadapan sejumlah kardinal.

“Untuk beberapa hari, saya sempat memikirkan satu kata yang terlihat buruk: tua, sebuah kata pikiran yang menakutkan. Namun, hari tua adalah tanda haus akan pengetahuan. Saya berharap saya akan tetap seperti itu,” ucap Paus Fransiskus, seperti dimuat NBC News, Minggu (18/12/2016).

Meski tengah berulang tahun, Paus Fransiskus tetap bekerja seperti biasa di Vatikan. Ia melakukan pertemuan dengan Presiden Malta Marie Louise Coleiro Preca. Selain itu, pria asal Buenos Aires itu juga mengadakan pertemuan dengan komunitas Nomadelfia yang beraliran sekuler. Kendati demikian, ucapan selamat ulang tahun tetap mengalir di Twitter dengan tanda pagar #Pontifex80.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyebut Sri Paus sebagai sosok yang menginspirasi warga dunia dengan pesan penuh kasih sayang, harapan, dan perdamaian. Sementara Presiden Italia Sergio Mattarella menyebut Sri Paus tengah memberikan contoh bagi warga Eropa untuk menunjukkan solidaritas terhadap mereka yang kurang mampu, khususnya bagi imigran.

Paus Fransiskus sempat membagi kue ulang tahun khas Argentina dengan para tunawisma itu sebelum memimpin misa. Tidak sampai di situ, Sri Paus juga mengirim kue ulang tahun kepada 1.500 orang yang bekerja di dapur yang tak pernah lelah melayani kaum papa dan tunawisma di Roma, Italia.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini