Penembakan di Kota Wisata Yordania, 10 Orang Tewas

Wikanto Arungbudoyo, Okezone · Senin 19 Desember 2016 05:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 19 18 1569892 penembakan-di-kota-wisata-yordania-10-orang-tewas-jlWM5hcyks.jpg Ambulans membawa korban luka-luka ke rumah sakit terdekat (Foto: Muhammad Hamed/Reuters)

KARAK – Serangkaian insiden penembakan terjadi di Karak, Yordania, pada Minggu 18 Desember 2016 sore waktu setempat. Insiden bermula ketika terjadi baku tembak antara polisi dan kelompok bersenjata di sebuah rumah. Para pelaku kemudian kabur dengan menggunakan mobil dan sempat menembak dua personel kepolisian yang sedang berpatroli.

Pelaku kemudian mengarahkan mobilnya ke Kastil Karak untuk kemudian bersembunyi di sana. Sebelumnya, mereka juga menembak sebuah pos polisi di dekat kastil. Sejumlah wisatawan sempat terjebak di dalam kastil sebelum berhasil dibebaskan oleh polisi. Sedikitnya 10 orang tewas termasuk seorang turis asal Kanada dan 27 lainnya luka-luka dalam insiden tersebut.

“Polisi dan aparat keamanan lainnya telah mengepung kastil dan meluncurkan operasi perburuan terhadap kelompok bersenjata tersebut,” bunyi pernyataan resmi Direktorat Keamanan Publik Yordania, seperti dimuat BBC, Senin (19/12/2016).

Kastil Karak adalah benteng yang dibangun pada abad pertengahan dan salah satu saksi sejarah Perang Salib. Kota Karak merupakan salah satu tujuan wisata di Yordania selain Kota Petra. Untuk menuju Petra dari Ibu Kota Amman, para wisatawan harus melalui jalan utama di Karak.

Belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut. Negara pimpinan Raja Abdullah itu selama ini dikenal sebagai salah satu wilayah paling aman dan damai dari gejolak di Timur Tengah. ISIS pernah mengancam akan menyerang Yordania atas keterlibatan mereka dalam koalisi Amerika Serikat (AS) di negara tetangga mereka, Suriah.

(war)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini