Share

Dibayangi Penembakan Dubes, Menlu Turki-Rusia Bertemu

Emirald Julio, Okezone · Rabu 21 Desember 2016 01:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 21 18 1571725 dibayangi-penembakan-dubes-menlu-turki-rusia-bertemu-8HNYPkdzA7.jpg Foto Menlu Iran meletakkan bunga di depan foto Dubes Rusia untuk Turki (Foto: Associated Press)

MOSKOW – Menteri Dalam Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov dan Menlu Turki Mevlut Cavusoglu dilaporkan bertemu di Moskow pada Selasa 20 Desember 2016 untuk membicarakan situasi di Suriah. Pertemuan ini diadakan usai Turki-Rusia dibayangi insiden penembakan Duta Besar Rusia untuk Turki Andrei Kavlov pada Senin 19 Desember 2016 malam waktu setempat.

Pertemuan ini sebenarnya sudah dijadwalkan jauh hari di mana selain menerima Cavusoglu, Lavrov juga bertemu dengan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif. Dilaporkan, pertemuan trilateral ini diadakan untuk membahas krisis Suriah dari berbagai sisi.

Pertemuan ini dianggap penting karena ketiga negara berada di sisi yang berbeda dalam krisis Suriah dan dibutuhkan usaha Turki, Iran dan Rusia untuk sepenuhnya menghentikan perang saudara di negara tersebut. Sekadar informasi, Rusia dan Iran selama ini mendukung pemerintah di bawah Presiden Bashar al-Assad sedangkan Turki mendukung pemberontak rezim Assad.

“Turki dan Rusia telah menunjukkan kepada dunia apa yang mereka dapat capai jika bekerja sama,” tutur Cavusoglu di awal pertemuan dengan Lavrov dan Zarif, sebagaimana dikutip dari Associated Press, Rabu (21/12/2016). Apa yang dimaksud Cavusoglu adalah kesepakatan damai Turki dan Rusia telah membantu proses usaha evakuasi ribuan orang dari wilayah Aleppo bagian timur.

Lavrov menegaskan, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sepakat bahwa penembakan insiden Dubes Rusia untuk Turki membuat kedua negara membulatkan tekad untuk memerangi terorisme dan membuat pertemuan trilateral yang diadakan di Moskow tersebut menjadi lebih penting.

Dilaporkan, sebelum pertemuan itu diadakan, para menlu sempat meletakkan bunga di depan foto Kavlov yang berada di gedung Kementerian Luar Negeri Rusia. Cavusoglu mengatakan, jalan di Kedutaan Besar Rusia di Ankara akan diganti namanya menjadi Karlov sebagai bentuk penghormatan kepada sang Dubes Negeri Beruang Merah tersebut.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini