nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lulusan Teknik Didominasi Sarjana Informatika

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu 21 Desember 2016 15:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 12 21 65 1572265 lulusan-teknik-didominasi-sarjana-informatika-cipuyaSm2M.jpg Foto: Istimewa

JAKARTA - Kebutuhan insinyur di Tanah Air belum bisa dipenuhi oleh lulusan sarjana teknik. Padahal, berdasarkan data, prediksi ketersediaan lulusan sarjana teknik cukup tinggi, yakni mencapai 81 ribu pada 2017.

Permasalahannya, dari 15 bidang ilmu teknik yang dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur, terjadi kesenjangan jumlah lulusan pada setiap program studi. Adapun lulusan terbanyak, yakni pada bidang teknik informatika.

"Misalnya, prediksi kebutuhan SDM lulusan sarjana informatika pada 2016 yaitu 801 orang, tetapi jumlah lulusan sarjana informatika yang tersedia mencapai 41.023 orang," tutur Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti (SDID) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti), Ali Ghufron Mukti dalam diskusi di Jakarta, belum lama ini.

Tak hanya di jenjang sarjana, lulusan diploma informatika juga mengalami kelebihan. Dari 1.201 lulusan diploma yang dibutuhkan, tersedia 2.759 lulusan.

"Artinya terjadi kesenjangan. Sedangkan kita masih butuh sarjana teknik di bidang lain, seperti teknik sipil, kelautan, dan perminyakan," ucapnya.

Saat ini, tambah Ghufron, posisi jumlah insinyur di Indonesia 3.000 insinyur per satu juta penduduk. Sedangkan negara-negara lain, seperti Vietnam dan Malaysia sudah ada di atasnya.

"Perguruan tinggi berkewajiban menanamkan semangat dan militansi terhadap profesi keinsinyuran sedangkan asosiasi profesi keinsinyuran menyediakan kerangkan serifikasi dan mendorong usaha menggunakan insinyur profesional itu," tukasnya.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini