Image

Meski Pintar, Lulusan Baru Kerap Lakukan Kesalahan dalam Wawancara Kerja

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Minggu 25 Desember 2016, 07:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 23 65 1574331 meski-pintar-lulusan-baru-kerap-lakukan-kesalahan-dalam-wawancara-kerja-Ki9fHgUeH1.jpg Foto: Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA - Memiliki IPK tinggi, punya banyak pengalaman saat kuliah, dan pandai berkomunikasi menjadi senjata fresh graduate saat melamar kerja. Mereka yang punya nilai tambah tersebut pun berpeluang besar diundang wawancara kerja.

Kendati demikian, lulusan pintar tersebut nyatanya juga sering melakukan kesalahan yang justru membuatnya gagal dalam wawancara kerja. Disitat dari USA Today, Minggu (25/12/2016), berikut kesalahan fatal tersebut.

1. Lupa Menjawab Pertanyaan Penting

Sepintar apa pun kandidat, mereka akan panik jika mendapat pertanyaan tak terduga dari pewawancara. Kandidat biasanya akan menghela napas terlebih dahulu sebelum mulai menjawab. Namun, jika akhirnya pernyataanmu tidak menjawab pertanyaan, maka hal tersebut akan percuma. Inilah pentingnya persiapan matang sebelum wawancara kerja.

2. Menceritakan Hal yang Tak Penting

Mengontrol pembicaraan menjadi tantangan tersendiri jika kamu sudah bisa berinteraksi dengan baik kepada pewawancara. Misalnya, saking asyiknya kamu menceritakan pengalaman saat SMA, termasuk kekonyolan yang dilakukan kala itu. Meski menarik, namun hal tersebut tak seharusnya diucapkan ketika menjalani wawancara kerja.

3. Menceritakan Pengalaman Buruk

Sebelum lulus, mungkin kamu pernah merasakan magang atau kerja lainnya. Sayangnya, ketika ditanya pewawancara mengenai pengalaman terberat yang pernah dialami, beberapa kandidat justru menceritakan keburukan atasan sebelumnya. Hal ini akan berpengaruh pada penilaian pewawancara pada dirimu. (ira)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini