Pemerintah Dorong Pembentukan Komunitas Peduli Bencana di Tiap Desa

Rayful Mudassir, Okezone · Senin 26 Desember 2016 16:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 12 26 340 1576021 pemerintah-dorong-pembentukan-komunitas-peduli-bencana-di-tiap-desa-tuSclGx0Tl.jpg Plt Gubernur Aceh Soedarmo saat memimpin refleksi 12 tahun tsunami di Aceh Masjid Baiturrahim, Ulee Lheu, Banda Aceh (Rayful/Okezone)

BANDA ACEH – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Soedarmo meminta masyarakat lebih tanggap terhadap bencana. Ia mendorong warga membentuk komunitas-komunitas peduli bencana di masing-masing gampong (desa).

Tugas komunitas peduli bencana tersebut adalah mensosialisasikan teknik penanggulangan dan edukasi bencana sehingga tumbuhnya kesadaran dan sikap mitigasi untuk meminimalisasi korban jiwa saat bencana terjadi.

“Kapasitas para personil Badan Penanggulangan Bencana, Tim SAR dan tim relawan lainnya juga perlu ditingkatkan. Benar bahwa Aceh berada di kawasan rawan bencana, namun kita jangan panik menghadapi kondisi itu. Jika pengetahuan kebencanaan kita baik, maka upaya mitigasi bencana yang dapat kita lakukan dengan lebih baik lagi,” katanya dalam refleksi 12 tahun tsunami Aceh di Masjid Baiturrahim, Ulee Lheue, Banda Aceh, Senin (26/12/2016).

Soedarmo menuturkan, Pemerintah Aceh cukup konsen pada program penanggulangan bencana di daerah-daerah. Ia meminta program tersebut dapat berjalan sebaik mungkin, sehingga memberikan kenyamanan kepada warga. Selain itu solidaritas membantu sesama juga mesti ditingkatkan.

Berkaca pada tsunami 26 Desember 2004, puluhan negara secara swadaya membantu pembangunan pascabencana. Aceh yang sebelumnya cukup tertutup bagi negara asing karena alasan keamanan saat konflik, akhirnya terbuka lebar saat terjangan tsunami.

“Solidaritas itu pula yang menjadi modal utama bagi Aceh untuk kembali bangkit sehingga mencapai suasana seperti sekarang. Oleh sebab itu berbagai perbedaan yang terjadi di masyarakat jangan sampai kita besar-besarkan. Setiap masalah kita selesaikan dengan bijak apalagi Islam mengajarkan kita senantiasa membangun silaturrahmi dan mencintai perdamaian,” pungkasnya.

 

(sal)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini