Tiongkok Siagakan Kapal Induk di Wilayah Laut China Selatan

Emirald Julio, Okezone · Selasa 27 Desember 2016 10:47 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 27 18 1576397 tiongkok-siagakan-kapal-induk-di-wilayah-laut-china-selatan-39jinGHYe5.jpg Inilah kapal induk Liaoning yang bergerak menuju ke wilayah Laut China Selatan (Foto: Reuters)

TAIPEI – Otoritas Tiongkok dilaporkan menurunkan beberapa kapal perang yang dipimpin oleh kapal induk ke wilayah Laut China Selatan pada Senin 26 Desember 2016. Penampakan kapal induk bernama Liaoning tersebut di dekat Laut China Selatan pertama kali disaksikan oleh otoritas Taiwan.

Kapal-kapal itu disebut sempat melintasi Taiwan, lalu melewati jalur yang berada dekat di wilayah Jepang, Pulau Miyako dan Okinawa, kemudian menyamping ke wilayah Taiwan bagian selatan melalui Selat Bashi. China sendiri mengklaim, tindakannya itu sebagai latihan rutin semata.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Selasa (27/12/2016), Kementerian Pertahanan Taiwan mengklaim, Liaoning terus bergerak ke arah barat daya dan menuju Provinsi Hainan sehingga tidak semakin masuk ke wilayah Laut China Selatan. Jika kapal induk itu semakin bergerak masuk wilayah Laut China Selatan melalui jalur tersebut maka kapal-kapal China itu akan mendekati Kepulauan Spratly.

“Kapal itu terus bergerak ke arah barat daya menuju Hainan,” tutur pejabat militer Taiwan yang tidak disebutkan namanya.  Sang pejabat militer itu menambahkan, kapal tersebut tidak berlayar di dekat Itu Abu atau pulau Taiping. Ini merupakan pulau kecil di Kepulauan Spratly yang diklaim oleh Taiwan sebagai wilayah kedaulatannya. Sebagai antisipasi, Taiwan terus memonitor gerak-gerik kapal induk China tersebut.

(emj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini