Kunjungi Pearl Harbor, PM Jepang Bersumpah Tak Akan Lagi Sulut Perang

Rahman Asmardika, Okezone · Rabu 28 Desember 2016 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 28 18 1577193 kunjungi-pearl-harbor-pm-jepang-bersumpah-tak-akan-lagi-sulut-perang-SWqxP6Bqxy.jpg PM Jepang Shinzo Abe dan Presiden AS Barack Obama memberi penghormatan kepada korban serangan Jepang ke Pearl Harbor 75 tahun lalu di USS Arizona, 27 Desember 2016. (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

HONOLULU – Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengunjungi monumen peringatan USS Arizona di Pearl Harbor untuk mengenang mereka yang gugur dalam serangan Jepang ke pangkalan Angkatan Laut AS itu 75 tahun yang lalu. Dalam kunjungan tersebut PM Abe bersumpah negaranya tidak akan pernah lagi mengobarkan perang seperti yang pernah dilakukan di masa lalu.

“Kita tidak boleh lagi mengulangi kengerian dari perang. Ini adalah sumpah yang kami, warga Jepang, ucapkan dengan sungguh-sungguh. Kepada arwah para prajurit yang terbaring dalam peristirahatan abadi di USS Arizona, kepada rakyat Amerika, dan kepada orang-orang di seluruh dunia. Saya di sini mengucapkan sumpah yang teguh sebagai PM Jepang,” kata Abe, sebagaimana dikutip dari Reuters, Rabu (28/12/2016).

Pada 7 Desember 1941, pasukan Kekaisaran Jepang melancarkan serangan mendadak ke Pearl Harbor untuk menghancurkan kekuatan AS di wilayah Pasifik. Serangan tersebut menewaskan lebih dari 2.400 prajurit dan warga AS dan menyeret Negeri Paman Sam ke kancah Perang Dunia (PD) II.

Kunjungan PM Abe ke Pearl Harbor merupakan balasan dari kunjungan Presiden Obama ke Hiroshima, kota di mana AS menjatuhkan satu dari dua bom atom yang memaksa Jepang menyerah pada PD II. Obama merupakan presiden incumbent pertama AS yang melakukan kunjungan resmi ke kota itu.

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini