Pemuda 23 Tahun Diadili karena Jual Satwa Liar Dilindungi

Sigit Dzakwan, Sindo TV · Rabu 28 Desember 2016 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 28 340 1577292 pemuda-23-tahun-diadili-karena-jual-satwa-liar-dilindungi-3XWWZeiUM5.jpg Ilustrasi

PALANGKA RAYA - Asrani (23), warga Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan duduk di kursi pesakitan karena diduga menjual satwa di forum media sosial Facebook. Sidang kasus tersebut berlangsung hari ini di PN Palangka Raya.

Dalam dakwaan jaksa terungkap, pada 17 Oktober 2016 petugas dari Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Brigade Kalaweit Kalteng menerima laporan dari masyarakat mengenai jual beli satwa liar dilindungi di forum jual beli satwa Forum Borneo Buy and Sale dengan menggunakan akun Aas Sii Mau Menunggu.

Untuk memastikan hal tersebut, petugas mengumpulkan bahan dan keterangan (pulbaket) serta bermaksud melakukan pembelian terselubung (undercover). Setelah ada kesepakatan dengan Asrani untuk bertransaksi, pada 18 Oktober 2016 malam, petugas yang menyamar menemui terdakwa bersama temannya Fitriyadi di Jalan Kapten Pierre Tendean, Palangka Raya.

Dalam pertemuan itu, Asrani membawa dua buah kardus yang berisi lima ekor kucing hutan dan satu ekor elang bondol dalam keadaan hidup. Menurut keterangan ahli, Eli Santari, hewan-hewan yang dibawa terdakwa tergolong satwa liar yang dilindungi oleh Undang-Undang.

Kepada petugas setelah diamankan, Asrani mengaku memperoleh satwa dilindungi tersebut dengan cara membeli dari pemburu yang berada di Martapura, selanjutnya diperjual-belikan kembali melalui media online. Sedangkan hasil jual beli yang telah dilakukan sejak Agustus 2016 sampai dengan tertangkap, terdakwa memperoleh keuntungan antara Rp50.000 sampai dengan Rp150.000 dalam setiap penjualan per ekornya.

JPU Hairun Azhari dalam dakwaan menjerat Asrani dengan Pasal 21 ayat (2) huruf a juncto Pasal 40 ayat (2) UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konseryasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini