Ini Rincian Biaya Kuliah di AS

Afriani Susanti , Okezone · Kamis 29 Desember 2016 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 28 65 1577242 ini-rincian-biaya-kuliah-di-as-MfT3XfzfrE.jpg Foto: Shutterstock

JAKARTA - Mungkin sebagian dari kamu ada yang bermimpi untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikan keluar negeri, salah satunya di Amerika Serikat. Namun, kuliah di luar negeri juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Selain berbagai syarat calon kandidat yang perlu sesuai, pendanaan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

Dinukil dari laman Top University, terdapat rincian biaya yang perlu kamu keluarkan jika ingin melanjutkan pendidikan di Negeri Paman Sam tersebut. Rata-rata biaya kuliah di AS mencapai USD33.215 atau sekira Rp445 juta. Namun biaya kuliah setiap perguruan tinggi yang ada di sana pun berbeda-beda.

Sementara itu, untuk biaya hidup yang perlu kamu keluarkan bisa mencapai sekira USD60.000 atau sekira Rp804 juta per tahun. Tapi, biaya hidup ini bisa jadi jauh lebih mudah. Beberapa calon kandidat mahasiswa bahkan berusaha untuk mencari perkuliahan dengan pembiayaan yang jauh lebih murah.

Bagi kampus negeri di AS, terdapat dua pembiayaan kuliah, pertama untuk mahasiswa pada kewarganegaraan tertentu. Sementara pendanaan kedua yakni pada mahasiswa dari negara bagian AS lainnya dan negara lain.

Untuk biaya akomodasi, budget yang perlu kamu keluarkan rata-rata USD31.231 atau sekira Rp418 juta. Namun pilihan bagi biaya akomodasi yang lebih murah pun masih mungkin untuk ditemukan.

Namun jangan khawatir, kamu masih tetap bisa mendapatkan bantuan dalam pendanaan kuliahmu di AS. Karena banyak kampus-kampus di AS yang memberikan bantuan pendanaan, seperti di MIT yang menjadi kampus dengan jumlah mahasiswa terbanyak yang menerima pendanaan mencapai 91 persen mahasiswa jenjang sarjana.

Selain itu, University of Pennsylvania juga memberikan pendanana bagi mahasiswa jenjang Sarjana mencapai USD6 juta atau sekira Rp80 miliar per tahun. Dana tersebut digunakan untuk membiayai mahasiswa dari berbagai negara yang bersekolah di kampus tersebut.

Masih ada banyak kampus-kampus di AS yang memberikan kemudahan terutama dalam masalah dana bagi mahasiswanya, seperti Harvard University sampai Yale University.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini