Image

Apple Digugat terkait Kecelakaan yang Menewaskan Bocah 5 Tahun

Anton Suhartono, Jurnalis · Sabtu, 31 Desember 2016 - 12:03 WIB
(Ilustrasi, Car Instructions) (Ilustrasi, Car Instructions)

TEXAS - Keluarga korban kecelakaan di Amerika Serikat menggugat Apple terkait permasalahan pada fitur di iPhone. Seorang bocah perempuan tewas dalam kecelakaan yang terjadi pada malam Natal 2014 itu.

Pada 2008 Apple mengajukan paten sebuah fitur yang bisa mencegah pengguna iPhone mengaktifkan fasilitas FaceTime dalam kondisi tertentu. Paten itu baru disetujui pada 2014. Cara kerjanya, perangkat telefon akan menganalisis gerakan dan suasana di sekitar penggunanya lalu mengunci fitur-fitur dalam kondisi tertentu, termasuk saat dalam kondisi berkendara.

Pembatasan penggunaan seperti ini juga diterapkan pada game Pokemon di mana permainan itu tidak akan bisa bekerja jika digunakan di atas kendaraan dengan kecepatan tertentu.

Sementara itu keluarga yang menggugat Apple, James, mengungkapkan ia sedang menggunakan FaceTime pada iPhone 6 Plus-nya saat mengalami tabrakan dengan mobil lain. Saat itu kecepatan mobilnya sekira 100 kilometer per jam. Dalam peristiwa itu, anak perempuannya yang masih berusia lima tahun meninggal dunia.

Bahkan FaceTime pada iPhone 6 Plus James masih aktif saat polisi tiba di lokasi kecelakaan. Demikian dilaporkan Jalopnik.

James dan istrinya, Bethany Modisette, menilai Apple telah gagal mengunci aplikasi tersebut atau setidaknya gagal memberi peringatan kepada pengemudi mengenai bahayanya mengaktifkan FaceTime saat berkendara. Padahal seharusnya FaceTime tidak bisa aktif dalam kondisi berkendara.

Sementara itu pihak Apple belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai gugatan ini.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming