Tahun Baru 2017: Penembakan di Brasil Tewaskan 11 Orang

Silviana Dharma, Okezone · Minggu 01 Januari 2017 21:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 01 18 1580890 tahun-baru-2017-penembakan-di-brasil-tewaskan-11-orang-oqUVo00hej.jpg Ilustrasi. Penembakan di malam Tahun Baru 2017 di Brasil. (Foto: dok. Okezone)

SAO PAULO – Awal tahun baru saja tiba, tetapi berita duka merebak dari segala penjuru dunia. Setelah penembakan di kelab malam di Istanbul, Turki, insiden serupa menimpa sekelompok orang di Brasil yang sedang merayakan Tahun Baru 2017.

Reuters, Minggu (1/1/2017) melaporkan, seorang pria bersenjata merangsek masuk ke rumah yang sedang mengadakan pesta tahun baru. Sedikitnya 11 orang tewas dan pelakunya menembak diri sendiri pasca-serangan.

Tragedi ini terjadi di selatan Kota Kampinas pada Sabtu 31 Desember waktu setempat. Polisi Sao Paulo mengungkap motif penembakan diduga akibat stres. Pelaku baru saja bercerai dan mantan istrinya menjadi salah satu korban meninggal dalam kejadian ini. Media lokal mewartakan, putra mereka yang berusia delapan tahun juga termasuk korban yang tewas.

Namun begitu, juru bicara kepolisian Sao Paulo belum bisa mengonfirmasi identitas korban maupun pelaku. Pada dasarnya ada 15 orang yang terkena berondongan peluru. Beberapa di antaranya kini sedang dalam kondisi kritis.

Menurut kesaksian warga setempat, mereka sempat mendengar suara letusan sekira 15 menit sebelum tengah malam pergantian tahun. Akan tetapi, mereka tidak menyadari kalau itu suara tembakan. Dikiranya itu adalah suara kembang api menyambut Tahun Baru 2017.

Baru ketika salah satu korban tertembak berlarian ke luar rumah, mereka menyadari ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi. Pasalnya korban lari dalam kondisi berdarah dan berteriak minta tolong. Polisi menerima laporan penembakan tersebut pada Minggu 1 Januari 2017 pukul 00.40 waktu setempat.

Negeri Samba memang terkenal sebagai negara yang brutal dan angka kejahatan tinggi. Namun semua itu banyak melibatkan perkelahian antargeng, sedangkan penembakan massal terbilang jarang terjadi.

Campinas adalah kota industri dan perguruan tinggi. Populasi penduduknya sekira 1 juta jiwa. Letaknya sejauh 100 kilometer di barat laut kota metropolitan terbesar di Brasil, Sao Paulo.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini