Ikuti CEO Facebook, Paus Fransiskus Tempelkan Stiker Anti-Peretasan

Silviana Dharma, Jurnalis · Sabtu 07 Januari 2017 10:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 07 18 1585531 ikuti-ceo-facebook-paus-fransiskus-tempelkan-stiker-anti-peretasan-7Dy9qkr0Iv.jpg Paus Fransiskus I tempelkan stiker pada kamera iPad-nya. (Foto: AP)

VATIKAN – Pemimpin tertinggi umat Katolik, Paus Fransiskus I, tertangkap kamera menggunakan iPad yang sudah ditempeli stiker anti-peretasan. Ia meniru persis seperti yang pernah dilakukan CEO Facebook, Mark Zuckerberg, beberapa waktu lalu.

Stiker itu dipasang untuk menutupi kamera pada gawainya (webcam). Cara ini dinilai ampuh untuk mencegah para peretas mengakses dunia kita dan menyadapnya tanpa izin melalui kamera dan pengeras suara di komputer. Uniknya, stiker yang dipakai memiliki lambang Holy See khas Vatikan.

Seperti disitat dari Daily Mail, Sabtu (7/1/2017), foto Sri Paus memegang iPad yang sudah ditempeli stiker anti-peretasan beredar di dunia maya berkat ulah Collin Anderson. Ia pertama kali mengunggah foto itu di Twitter pada Selasa. Menurutnya, tindakan pemuka agama berdarah Argentina tersebut patut diacungi jempol karena memerhatikan isu yang sedang berkembang di dunia, termasuk soal peretasan.

Foto yang diambil dari balik punggung Paus Fransiskus I itu kini telah dikicaukan ulang lebih dari 3.000 kali dan disukai sedikitnya 4.000 pengguna Twitter. Meskipun banyak orang memuji tindakan tokoh gereja tersebut, ada juga yang menilai lambang Holy See itu bukan stiker yang ditempelkan di kamera depan iPad. Mereka menebak Sri Paus memegang gawainya secara terbalik dan bulatan itu adalah tombol penghidupnya.

Hingga berita ini dimuat, belum ada tanggapan dari sang Paus sendiri atau Vatikan terkait dugaan tersebut. Namun sebuah foto lain yang diambil pada kesempatan sama dari luar jendela tempat Paus berdiri memegang iPad, terlihat lambang Vatikan yang tertempel di baliknya tidak terbalik.

Perlu diketahui juga pada Agustus 2016, Zuckerberg pernah mengunjungi Paus Fransiskus I di Vatikan bersama istrinya, Pricilla Chan. Ada kemungkinan bahwa ayah satu anak itu membagikan tipsnya kepada Sri Paus.

(Sil)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini