nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penelitian Jadi Salah Satu Tantangan Perguruan Tinggi Swasta

Afriani Susanti , Jurnalis · Senin 09 Januari 2017 15:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 09 65 1586838 penelitian-jadi-salah-satu-tantangan-perguruan-tinggi-swasta-X4qhfjpLSF.jpg Foto: Shutterstock

MEDAN - Kegiatan penelitian menjadi salah satu hal yang didorong oleh pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristekdikti) untuk dilakukan di perguruan tinggi. Namun nyatanya, kegiatan penelitian tersebut masih menjadi hambatan, terutama bagi perguruan tinggi swasta (PTS).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Kopertis I, Din Ananto dihadapan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir di Kantor Kopertis I, di Medan, Senin (9/1/2017).

"Penelitian ini menjadi masalah bagi perguruan tinggi swasta. Selain itu, sarana dan prasarana yang ada juga belum lengkap," ungkapnya.

Ia menjelaskan, jika masalah paling banyak pada perguruan tinggi swasta adalah pada sumber daya manusianya. "Dosen itu menjadi masalah bagi perguruan tinggi," imbuhnya.

Selain itu, ia menambahkan, masih banyak dosen yang memegang gelar sarjana (S-1). "Bahkan jumlah guru besar di perguruan tinggi swasta juga masih sedikit," tambahnya

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini