Image

Berbagai Gelar Pascasarjana Ini Laku di Pasaran

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Rabu, 11 Januari 2017 - 07:00 WIB
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock

JAKARTA - Ada banyak alasan yang membuat seseorang memutuskan untuk lanjut S-2 atau S-3. Misalnya, untuk jenjang karier yang lebih tinggi, menghasilkan lebih banyak uang, termasuk prestise bagi dirinya sendiri.

Di sisi lain, biaya kuliah pascasarjana cukup tinggi. Tak sedikit yang merasa rugi lantaran setelah menyandang gelar master atau doktor mereka tak mendapat karier yang diharapkan. Dilansir dari Economy Zoom, berikut sejumlah bidang yang relatif laku dan dibutuhkan di dunia kerja.

Teknik

Saat ini kebutuhan insinyur sangat tinggi. Berdasarkan riset, berbagai bidang teknik masuk dalam sembilan dari 10 pekerjaan paling laris dan bergaji tinggi, meski itu masih di tingkat sarjana. Artinya, lulusan pascasarjana teknik sangat berpotensi dan berpeluang menempati posisi manajerial ke atas.

Bisnis dan Marketing

Strategi bisnis dan marketing menjadi dua komponen yang tak terpisahkan. Keduanya sama-sama dibutuhkan dalam perusahaan. Bidang ini juga memiliki cakupan karier yang luas, termasuk dalam kewirausahaan, manajeman, pemasaran, dan keuangan. Gaji awal yang diterima dalam pekerjaan tersebut juga cukup tinggi.

Sains

Mempelajari ilmu pengetahuan tidak akan ada habisnya, baik itu dipelajari di tingkat sarjana, master, atau doktor. Jika kamu mendapatkan gelar yang tinggi dari bidang sains, sudah dipastikan akan menjadi seorang ahli. Hal ini akan membuatmu mendapat posisi yang bagus dan tinggi. Saat ini penelitian yang paling potensial, yakni bidang komputer, fisika, dan kimia.

Lain-lain

Beberapa bidang lain yang juga banyak dibutuhkan di pasaran, di antaranya matematika, akuntansi, dan keperawatan. Selain itu mengombinasi gelar, seperti sarjana hukum yang dilanjutkan dengan master of business administration (MBA) memberimu kesempatan kerja yang luas.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming