Image

Tingkatkan Kualitas, Guru SMA Akan Diberi Beasiswa

Foto: Antara

Foto: Antara

KENDARI - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bertekad meningkatkan kapasitas tenaga pendidik melalui program bantuan beasiswa bagi guru sekolah menengah umum (SMA) sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Damsid di Kendari, Selasa (10/1/2017), mengatakan, salah satu harapan pengalihan urusan pendidikan tingkat SMA dari pemerintah kabupaten/kota ke Pemerintah Provinsi Sultra untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Guru kualifikasi strata satu (S-1) diberi peluang untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat magister (S-2). Tujuannya meningkatkan sumber daya para guru," kata Damsid.

Secara rinci besaran dana beasiswa untuk tenaga pendidik SMA sederajat belum ditetapkan namun sudah dialokasikan melalui APBD tahun 2017.

Damsid menambahkan, distribusi guru diharapkan merata pada 340 unit sekolah se-Sultra sehingga proses belajar mengajar berjalan efektif dan mencapai sasaran.

"Seringkali kita mendengar keluhan kepala sekolah atau masyarakat tentang sebaran tenaga pendidik yang tidak merata. Secara nasional sebaran guru menjadi salah satu masalah," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pengalihan urusan pengelolaan pendidikan tingkat menengah dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi menjadi momentum untuk mengevaluasi sebaran guru pada 340 unit sekolah negeri.

"Umumnya guru laki laki maupun perempuan memilih atau berdalih segala cara untuk pindah tugas dari sekolah luar kota ke sekolah sekitar perkotaan," katanya.

Sebanyak 6.575 aparatur sipil negara (ASN) guru, pengawas, dan tenaga tata usaha dialihkan dari pemerintah kabupaten ke Pemerintah Provinsi Sultra pemerintah Provinsi setempat.

Jumlah guru SMK, SMK, dan SLB mencapai 6.582 orang tetapi masih ada 247 guru yang belum mengantongi SK pelimpahan dari BKN.

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x