BPBD Kupang Siagakan Posko Bencana 24 Jam

Agregasi Antara, · Rabu 11 Januari 2017 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 11 340 1588588 bpbd-kupang-siagakan-posko-bencana-24-jam-QHDukrueXS.jpg

KUPANG - Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kupang, NTT menyiagakan posko bencana 24 jam untuk penanganan kejadian bencana terkait perubahan cuaca yang tidak menentu terjadi di wilayah ibu kota Provinsi NTT itu.

"Posko siaga bencana kita aktifkan 24 jam di Kantor BPBD dan siap melaksanakan tugas penanganan bencana jika terjadi sewaktu-waktu di tengah perubahan cuaca yang terus tidak menentu ini," kata Kepala BPBD Kota Kupang, Ade Manafe di Kupang, Rabu (11/1/2017).

Ia mengatakan posko bencana berdurasi 24 jam itu sudah dimulai sejak awal Januari 2017 dan akan berakhir pada Maret 2017 nanti.Dan bisa diperpanjang, jika kondisi cuaca memberikan kemungkinan terjadinya bencana.

"Jika nantinya musim hujan masih terus terjadi maka posko bencana itu akan kita pertimbangkan untuk terus diaktifkan," katanya.

Menurutnya, sejak perubahan cuaca dengan musim hujan yang terus mengalami peningkatan pada Desember 2016 hingga saat ini, telah terjadi sejumlah bencana yang dialami warga di wilayah tersebut.

Kendati bencana yang terjadi hanya masuk kategori kecil dan tidak memakan korban jiwa, namun antisipasi untuk penanganan oleh BPBD selalu disiapkan.

Ia pun mengimbau kepada seluruh warga Kota Kupang untuk secara mandiri memangkas sejumlah pepohonan yang sudah tidak lagi produktif dan dinilai membahayakan jiwa manusia. Hal itu sebagai langkah antisipatif agar tidak terdampak nantinya.

Terkait stok bantuan penanggulangan dampak bencana, Ade mengklaim sudah tersedia dan siap digunakan kapan saja jika terjadi bencana. Stok bantuan bencana itu berupa makanan instan, selimut, tenda dan sejumlah kebutuhan.

"Semua stok barang bantuan bencana itu masih tersedia dan siap dimanfaatkan," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini