Image

Sepeda Motor Bisa Dinyalakan Pakai SIM, Ini Cara Kerjanya

Markus Yuwono (Sindo Radio), Jurnalis · Kamis, 12 Januari 2017 - 11:10 WIB
Safety Riding Kit S2-HK buatan guru dan siswa SMKN 1 Ngawen Gunungkidul (Foto: Markus Yuwono/Sindo Trijaya) Safety Riding Kit S2-HK buatan guru dan siswa SMKN 1 Ngawen Gunungkidul (Foto: Markus Yuwono/Sindo Trijaya)

GUNUNGKIDUL - Cara kerja alat pendeteksi SIM pada sepeda motor karya guru dan siswa SMKN 1 Ngawen, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), cukup sederhana. (Baca: Jangan Harap Bisa Menghidupkan Motor Ini kalau Tak Punya SIM)

Guru pendamping Heru Raharjo mengatakan, alat ini terdiri dari tiga komponen, yakni reader untuk membaca SIM dan STNK yang sudah ditambah kartu pengaman, sensor helm, dan prosesor untuk mengolah data.

"Alat ini kami beri nama Safety Riding Kit S2-HK yang menggunakan basis microcontroler arduino nano," papar Heru, Rabu 11 Januari 2017. 

Pengguna kendaraan harus menempelkan SIM saat akan mengendarainya. Selain itu, data pengguna juga harus di-imput terlebuh dahulu ke sistem pada sepeda motor. Hanya identitas SIM yang sesuai dengan data di motor bisa menggunakan kendaraan tersebut.

Selain untuk keselamatan, alat ini juga menjamin keamanan kendaraan dari pencurian.

Sementara jika sepeda motor sering dipinjam oleh orang lain. Tentunya data peminjam harus dimasukkan ke dalam sistem. Namun jika dalam kondisi mendadak, ada saklar yang dipasang  di tempat tersembunyi dari sepeda motor. Saklar itu akan menonaktifkan kerja alat S2-HK.

Saat ini, SMKN 1 Ngawen masih mengembangkan alat tersebut agar lebih murah dan bisa diaplikasikan secara luas oleh masyarakat.

"Untuk pembuatan alat uji coba ini kami membutuhkan biaya Rp800 ribuan. Tetapi jika sudah diproduksi massal kemungkinan akan murah. Kami pun sedang menyiapkan generasi kedua dengan komponen yang lebih ringkas," cetus Heru.

Untuk melindungi hak cipta, pihaknya tengah memproses hak paten di Kementerian Hukum dan HAM.

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming