facebook pixel

Mobil Berperforma Tinggi Mercedes-AMG Bakal Gunakan Tenaga Listrik

Mercedes Benz SLS Electric Drive (Motor1)

Mercedes Benz SLS Electric Drive (Motor1)

DETROIT - Mercedes Benz membuka peluang menghadirkan mobil hybrid berperforma tinggi. Tenaga listrik akan digunakan model-model Mercedes AMG.

Rencana tersebut diungkapkan bos R&D Mercedes Benz Ola Kallenius di pameran automotif Detroit Auto Show 2017 di Amerika Serikat. Bahkan ia mengungkapkan tidak menutup kemungkinan produk Mercedes AMG menggunakan murni tenaga listrik.

"Saya pikir mereka (listrik) dan mobil berperforma bukan seseuatu yang berlawanan dengan ekstrem," ujar Kallenius, seperti dikutip dari Motor1, Kamis 12 Januari 2017.

Daimler selaku induk dari merek Merecedes Benz telah menggelontorkan investasi sangat besar untuk pengembangan teknologi kendaraan masa depan termasuk penggunaan motor listrik.

"Mobil listrik akan ditemukan di model AMG. Bagi saya itu bukan hal yang tidak mungkin, jika nantinya ada mobil listrik bertenaga atau ada juga versi AMG dari sub-brand kendaraan listrik Mercedes EQ," tambahnya.

Ia memang tidak secara spesifik menyebut model atau produk mobil berlabel AMG yang akan diluncurkan. Namun beberapa waktu lalu, produsen mobil premium Jerman itu telah memperkenalkan hypercar bernama Project One.

Mobil tersebut dibekali mesin V6 berkapasitas 1,6 liter turbocharged dengan mengusung teknologi yang digunakan mobil balap Formula 1. Mesin konvensional Project One dikombinasikan dengan motor listrik. Tenaga total yang dihasilkan mencapai 1.000 hp. Nantinya Project One hanya diproduksi sebanyak 200 hingga 300 unit.

(ton)