Image

Anies Baswedan Ingin Sejahterakan Warga sejak dari Bangku Sekolah

Salsabila Qurrataa'yun, Jurnalis · Kamis, 12 Januari 2017 - 03:58 WIB
Anies Baswedan (Foto: Okezone) Anies Baswedan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memiliki program untuk mensejahterakan rakyat dari segi pendidikan. Yakni, dengan memberikannya ketrampilan sejak dari bangku sekolah agar mudah mendapat pekerjaan dan mengikis penggangguran.

"Kita ingin menyejahterakan nelayan. Kita semua ingin menjaga dan kalau ini sejahtera. Maka, harus memiliki ketrampilan harus memiliki kompetensi. Maka, kosentrasi kita, setiap anak di Jakarta mendapatkan pendidikan," kata Anies di Gor Sunter, Jakarta Utara, Rabu (11/1/2017).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan, misalnya SMK perikanan dan kelautan yang ada di Jakarta Utara jangan hanya sekadar menerapkan teori pendidikan. Namun, praktik perlu dilakukan agar nantinya ketika lulus bisa langsung mendapatkan pekerjaan.

"SMK, kita akan kembangkan terkait dengan kelautan, perikanan dan kemaritiman. Ini dikerjakan beda dengan sebelumnya. Kalau ini SMK di sekolah. Kalau nanti dua hari di sekolah, tiga hari di lapangan. Nanti banyak dapat kerja sebelum lulus," paparnya.

Anies menjelaskan, ia dan pasangannya Sandiaga Salahudin Uno serius membangun program tersebut karena keprihatinan terhadap kemiskinan di Ibu Kota. Oleh karena itu, dalam dunia pendidikan pun harus dapat pula dengan mudah mendapatkan pekerjaan.

"Kita serius menyiapkan karena kami merasa dan melihat kemiskinan di Jakarta. Itu faktor penentunya adalah pendidikan. Mendapatkan pendidikan baik, itu mendapatkan kerja baik. Yang tidak mendapatkan pendidikan. Maka sulit mendapatkan pekerjaan," kata Anies.

"Kami siapkan, sekolah berkualitas, tuntas dan gratis. Kalau berkualitas enggak tuntas enggak ada artinya, makanya itu harus tiga. Jadi, kita serius memanusiakan manusianya," pungkasnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini

Live Streaming