Image

Antusias Siswa Kejar Impian Kuliah di Perguruan Tinggi

Foto: Dok. Unnes

Foto: Dok. Unnes

JAKARTA – Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi menjadi salah satu rencana para siswa di jenjang SMA dan sederajat usai lulus dari bangku kuliah. Tidak heran, jika mereka pun mulai mencari-cari informasi seputar perguruan tinggi yang akan menjadi tujuan mereka.

Seperti yang terjadi di Universitas Negeri Semarang (Unnes), para siswa dari Madrasah Aliah Negeri Lasem antusias bertanya tentang proses seleksi ke perguruan tinggi. Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAAKK) Unnes, Drs Anwar Haryono M.Pd pun memberikan informasi seputar proses seleksi tersebut.

“Terdapat empat jalur masuk ke UNNES, yaitu SNMPTN, SBMPTN, SPMU Jalur Prestasi, dan SPMU jalur seleksi mandiri,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Unnes, Kamis (12/1/2017).

Pada jalur SNMPTN sendiri, jalur seleksi tidak melalui tahap tes tertulis. Karena penilaian berdasarkan pada hasil rapor selama sekolah. Sementara untuk jalur SBMPTN, proses seleksinya melalui tes tertulis.

“Selain itu, SPMU Jalur Prestasi adalah Seleksi Penerimaan Mandiri UNNES khusus jalur prestasi. Calon siswa yang mendapatkan juara satu kategori umum tingkat provinsi langsung diterima sebagai mahasiswa baru tanpa tes,” jelasnya.

Unnes juga menawarkan penerimaan mahasiswa melalui proses seleksi prestasi atau kejuaraan yang telah diikuti oleh pelajar SMA selama bersekolah. “Prestasi atau kejuaraan yang dimaksud harus diperoleh saat menjadi siswa SMA, baik kejuaraan bidang olahraga, seni, olimpiade, atau kejuaraan lain,” imbuhya. (afr)

(sus)
Live Streaming
Logo
breaking news x