Image

Bangun Karakter Melalui Program Bela Negara

Foto: Dok. Unnes

Foto: Dok. Unnes

JAKARTA – Salah satu tujuan diselenggarakannya Program Bela Negara adalah untuk membentuk karakter mahasiswa agar mereka bisa lebih mencintai Tanah Air. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr Bambang BR, seperti dinukil dari laman Universitas Negeri Semarang (Unnes).

“Melalui kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan, peserta Program Bela Negara dibentuk untuk mengontrol tindakan yang menyimpang dari segi sosial dan hukum,” ungkapnya.

Program tersebut dilakukan oleh para mahasiswa program afirmasi pendidikan tinggi (ADiK) asal Papua bersama pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unnes. Selain itu, program bela negara itu juga bertujuan untuk menghadapi berbagai ancaman.

“Sikap Bela Negara perlu dilakukan guna menghadapi ancaman, baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri, yang membahayakan dan mengancam kedaulatan, baik kedaulatan di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan negara,” jelasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Kemahasiswaan Unnes, Parmin SPd, MPd, menambahkan dengan program bela negara ini, warga bersikap dan mencintai Tanah Air.

“Sebagai universitas yang berwawasan konservasi, mahasiswa UNNES harus mempunyai nilai-nilai karakter dalam konservasi di antaranya inovatif, kreatif, peduli, humanis, inspiratif, jujur, adil, dan sportif,” tambahnya. (afr)

(sus)
Live Streaming
Logo