Image

Mendikbud: Sekolah Tidak Maju Jika Hanya Andalkan BOS

Foto: Antara

Foto: Antara

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengatakan, sekolah tidak akan maju jika hanya mengandalkan dana bantuan operasional sekolah (BOS) semata. Menurut dia, masyarakat perlu dilibatkan dalam pengembangan sekolah dengan berdasar pada prinsip gotong royong.

"Dana dari masyarakat untuk meningkatkan daya tahan untuk memajukan sekolah. Kalau sekolah hanya mengandalkan BOS, sekolah tidak akan maju," ucapnya ditemui di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Kamis (12/1/2016).

Muhadjir menyebut, mulai tahun ini pihaknya akan memperbolehkan sekolah menghimpun dana dari masyarakat. Hal ini akan diatur melalui sebuah Permen (Peraturan Menteri).

"Pemanfaatan dana untuk pengembangan sekolah, tidak memaksa, dan transparan. Jadi perlu dibedakan antara pungutan liar dan resmi," sebutnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Wiranto telah memaparkan bahwa setiap lembaga termasuk kementerian harus bersih dari pungutan liar. Dalam hal ini, peran inspektorat sangat besar sebagai pengawas.

"Karena satgas itu adalah otak dari suatu proses. Tetapi yang melaksanakan unit-unit sapu bersih pungli dari kalian, inspektorat. Kami ingin memberdayakan pengawas-pengawas, termasuk mengajak keterlibatan langsung dari masyarakat," tutur Wiranto.

(sus)
Live Streaming
Logo