Yuk, Mulai Belajar Menulis dengan Bahasa Inggris!

Iradhatie Wurinanda, · Minggu 15 Januari 2017 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 13 65 1590577 yuk-mulai-belajar-menulis-dengan-bahasa-inggris-uKhUTLNspd.jpg Erlina Mariana (Foto: Iradhatie Wurinanda/Okezone)

JAKARTA - Bagi pemburu beasiswa kuliah ke luar negeri, skor TOEFL atau IELTS menjadi salah satu senjata yang wajib disiapkan. Sebab, kemampuan bahasa Inggris menjadi penentu penting, di samping prestasi akademis atau hasil tes.

Salah satu penerima beasiswa kuliah di Amerika Serikat (AS), Erlina Mariana Rosada Sari Siregar berbagi pengalaman sulitnya menguasai bahasa Inggris, terutama pada bagian menulis.

"Paling susah itu menulis. Kalau ngomong masih gampang," ujarnya kepada Okezone, baru-baru ini.

Erlina merasa beruntung lantaran persyaratan beasiswa yang harus dipenuhi hanya minimal skor 450 pada TOEFL. Meski begitu, dia tetap harus mengikuti pelatihan pra keberangkatan selama enam bulan lantaran harus mengejar penguasaan bahasa Inggrisnya.

"Apalagi saya dulu S-1 basic-nya matematika, sama sekali tidak diajarkan menulis. Jadi kemampuan menulis ini memang harus dilatih. Salah satunya dengan baca buku anak-anak," sebutnya.

Guru SMA asal Aceh itu menjelaskan, buku anak-anak memiliki grammar yang bagus. Sehingga, bisa menjadi pembelajaran untuk menulis ilmiah.

"Padahal saya sudah kursus bahasa Inggris, tetapi tetap kesulitan dalam menulis. Untung saja di kampus sana ada writing center yang membantu mahasiswa memperbaiki tulisannya. Tulisan akan dikoreksi, kemudian mahasiswa diarahkan ide pokok tulisannya apa, fokusnya ke mana. Dan itu sangat membantu apalagi gratis," tutup lulusan Western Michigan University itu.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini