Image

Sistem Elektronik Cegah Pungli di Sektor Pendidikan

Muhadjir Effendy (Foto: Okezone)

Muhadjir Effendy (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah berkomitmen membersihkan praktik pungutan liar di seluruh sektor lembaga dan kementerian. Hal ini dilakukan melalui pembentukan satgas saber pungli dengan mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli).

Dalam sambutannya, Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa Kemdikbud adalah kementerian yang paling sering dikaitkan dengan pembangunan karakter bangsa.

"Oleh karena itu secara internal para aparatnya juga harus mencerminkan budaya bersih dari praktik yang merusak nilai integritas. Tidak boleh ada ruang gerak untuk praktik pungli di sini," tuturnya di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, baru-baru ini.

Saat ini, Muhadjir menyebut Kemdikbud melalui inspektorat jenderal membangun sistem transaksi menggunakan elektronik. Dengan cara itu, praktik pungli bisa diantisipasi.

"Kita memanfaatkan momentum saber pungli untuk memperkuat pengawasan. Contohnya dalam pengadaan barang, pembelian buku," sebutnya.

Sedangkan Irjen Kemdikbud, Daryanto menambahkan, ada Permendikbud yang akan diterbitkan menyangkut sumbangan sekolah. Sehingga, meski sekolah diperbolehkan menghimpun dana dari masyarakat, hal tersebut resmi dan transparan.

"Jadi jelas mana yang boleh dan tidak. Ada kepastiannya. Ini akan efektif untuk meredam pungli. Kalau sudah ada aturan yang jelas dan, maka akan akuntabel," tandasnya.

(sus)
Live Streaming
Logo