nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Serunya Mahasiswa Indonesia Kuliah di Hong Kong

Iradhatie Wurinanda, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2017 08:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 01 16 65 1592793 intip-serunya-mahasiswa-indonesia-kuliah-di-hong-kong-sDsDFFTtlg.jpg Pipin dan Jelita (Foto: Iradhatie/Okezone)

JAKARTA - Menjajal kampus kelas dunia kini tak harus sampai ke benua Eropa atau Amerika. Pasalnya, beberapa kampus di Asia, seperti The University of Hong Kong (HKU) sudah berhasil menduduki posisi ke-27 terbaik dunia versi QS World University Rankings.

Alasan ranking itulah yang melatarbelakangi dua mahasiswa asal Indonesia, Jelita Amidjaja dan Pinto Rasika memilih Hong Kong sebagai destinasi untuk studi S-1 nya. Menurut keduanya, selama dua tahun kuliah ini, sudah banyak pengalaman yang telah didapatkan.

"Pilih Hong Kong karena enggak terlalu jauh dengan rumah (Indonesia). Saya sangat senang bisa kuliah di salah satu kampus nomor satu di Hong Kong. Buat saya ini pengalaman baru, belajar budaya baru karena sebelumnya saya juga pernah tinggal di Pakistan dan Eropa," tutur Pinto atau yang akrab disapa Pipin itu kepada Okezone, baru-baru ini.

Lain dengan Pipin, Jelita punya cerita yang berbeda. Baginya, Hong Kong menjadi kota yang pas. Banyak tempat yang bisa dieksplorasi. Belum lagi aneka ragam kuliner yang sangat cocok dengan lidahnya.

"Aku cocok banget sama makanan di Hong Kong. Menurutku, Hong Kong kotanya enggak terlalu rapi seperti Singapura, tetapi bukan berarti berantakan. Sedangkan urusan pendidikan, administrasi kampus, staf, dan pengajarnya bagus dan rapi," sebutnya.

Kedua mahasiswa asal Jakarta tersebut dibebaskan 60 persen biaya kuliah. Hal ini karena keduanya mampu mendapat nilai yang cukup baik.

"Di sana aku tinggal di asrama. Ada anak dari India juga Malaysia. Nyaman banget untuk mahasiswa internasional," ucap gadis kelahiran 25 Agustus 1998 itu.

Sedangkan Pipin mengungkapkan kekagumannya terhadap para profesornya. "Profesor di kampus mungkin terlihat biasa, tapi ternyata mereka lulusan kampus-kampus ternama dunia. Dan mereka juga mudah dihubungi, seperti melalui e-mail pun direspons," tukas Pipin yang merupakan mahasiswi jurusan international business itu.

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini